Featured post

Menikahi Janda Kaya Untuk Biaya Kuliah

Ada orang ketuk pintu. Rian membuka kamar kostnya. Rupanya ibu kostnya, Bu Rahma. "Ibuk masak agak banyak, Nak Rian," katanya. &qu...

Belajar Bahasa Inggris Penggunaan Article The, A dan An

Yuk belajar bahasa Inggris. Kali ini kita akan belajar tentang kapan harus menggunakan article The, a/an dan kapan tidak perlu menggunakannya. Sebelumnya, kita baca teks tentang festival berikut.


Teks tersebut saya ambil dari buku Focus terbitan pearson. Teks tersebut tentang festival bernama Tomatina di Spanyol. Beriut terjemahannya:

Tomatina adalah sebuah festival in Spanyol. Festival tersebut diselenggarakan setiap Austus di Bunol, pada Rabu terakhir di bulan Agustus. Bunol merupakan sebuah kota kecil dekat Valencia. Ribuan orang menghadiri festival tersebut setiap tahun. Pada festival Tomatina, orang-orang menghadiri pusat kota dan melempar tomat! Mereka menghancurkan tomat-tomat tersebut terlebih dahulu, agar mereka tidak menyakiti orang lain. Ini tampak kacau, tapi sangat menyenangkan.

Sekarang kita pelajari tentang penggunaan article The, a/an.

Pada teks tersebut, pada kalimat pertama ada kata a festival. Article yang digunakan adalah a, bukan the. Karena, kebiasaan orang Inggris dalam membicarakan sesuatu, pertama kali kita menggunakan a (bukan the). Di bahasa Indonesia, seperti mengucapkan kata sebuah/suatu. Sedangkan pada kalimat kedua, kita menggunaan The pada kata The festival, jadi untuk kedua, ketiga, dan seterusnya, yang digunakan adalah The. Dalam bahasa Indonesia seperti mengucapkan kata tersebut/itu.

Kemudian ada kata The last Wednesday dan the main square. Nah, yang ini menggunakan the karena membicarakan hal spesifik. The last Wednesday / hari Rabu terakhir, yaitu hari Rabu pada bulan Agustus yang dimaksud. The main square (saya terjemahkan pusat kota, aau alun-alun ya kalau di Indonesia). Nah, main square yang dimaksud adalah main square yang digunakan untuk acara festival tersebut. Jadi, pembicara dan pendengarnya sama-sama tahu tempat tersebut.

Kemudian ada kata Bunol is a small town near Valencia. Di sini menggunakan a small town karena membicarakan satu dari banyak hal. Banyak kota kecil di situ, tapi di sini hanya membicarakan satu dari banyak kota kecil tersebut.

Sedangkan sebelum nama hari, bulan, tahun dan nama tempat atu negara, kita tidak menggunakan article, seperti On Monday, In August, in 2005, in Indonesia. Begitu juga untuk benda umum, kita tidak menggunakan artikel, seperti I like mango; saya suka mangga, mangga yang dimaksud di sini umum. Beda dengan mengatakan I like the mango you gave me yesterday; Saya suka mangga yang amu beri kemarin; berarti mangga yang disukai adalah mangga yang diberi kemarin.

Coba latihan sekarang














Belum ada Komentar untuk "Belajar Bahasa Inggris Penggunaan Article The, A dan An"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel