Featured post

Menikahi Janda Kaya Untuk Biaya Kuliah

Ada orang ketuk pintu. Rian membuka kamar kostnya. Rupanya ibu kostnya, Bu Rahma. "Ibuk masak agak banyak, Nak Rian," katanya. &qu...

Aplikasi Menulis Cerita yang Dibayar

Aplikasi Menulis Cerita yang Dibayar

Dunia kepenulisan saat ini banyak digemari oleh anak-anak muda. Bahkan mereka bukan hanya mengekspresikan atau menuangkan ide kreatifnya, tapi juga bisa menghasilkan uang. Di zaman yang serba online ini, sudah banyak platform atau applikasi online yang membayar penulis dengan menerbitkan tulisannya di applikasi atau website tersebut. Website atau applikasi semacam ini dikenal dengan sebutan webnovel.

Perbedaan Webnovel dengan Novel konvensional

Sebut saja novel yang kita kenal selama ini sebagai novel konvensional. Kalau kalian ke toko buku seeprti Gramedia atau Toga Mas, akan menemukan banyak novel di sana. Nah, sedangkan webnovel berbeda dengan novel yang diterbitkan dan dijual di toko buku. Jadi, ini terobosan baru di dunia kepenulisan.

Konten novel konvensional dan webnovel sama saja sebenarnya, yang membedakann keduanya hanyalah wujud atau sistem penerbitannya. Novel konvensional diterbitkan dengan dicetak atau diprint, sedangkan webnovel diterbitkan secara online di sebuah website atau applikasi. Website atau applikasi ini sama saja sebeanrnya, bedanya tempatnya saja. Kalau kita cari di google, yang muncul website, sedangkan applikasi, bisa didownload di play store. Nah, website itu bisa dijadikan applikasi.

Menulis cerita di Apliasi Webnovel dan Dibayar

Sebelum membicarakan soal bayaran, sebenarnya banyak keuntungan yang didapatkan selain uang dari menulis cerita di aplikasi webnovel. Di webnovel, penulis tidak terikat oleh editor, jadi tulisan yang diterbitkan murni ide penulis, bukan hasil seleksi editor. Jadi, penulis bisa jadi diri sendiri. Meskipun, ada beberapa aplikasi webnovel yang memiliki editor, tapi tidak ketat, paling hanya cek salah ketik atau konten terlarang saja.

Tanpa adanya editor ini memberikan ruang bagi penulis untuk berkreasi maksimal. Selain itu, di aplikasi webnovel, penulis juga bebas mencari audien, bisa membangun brand sendiri. Nah, tentunya, di aplikasi webnovel, juga bisa mendapatkan penghasilan. Mungkin awalnya sangat sedikit pendapatannya, tapi dengan rajin menulis, kamu akan semakin di kenal di aplikasi webnovel tersebut.

Bahkan banyak penulis yang tulisannya dilirik oleh penerbit atau pembuat film. Wah, luar biasa kan. Jadi, ini suatu kesempatan bagi calon penulis hebat untuk memulai karirnya di dunia kepenulisan. Nah, berikut beberapa aplikasi webnovel yang bisa dimanfaatkan:

1. Menulis di KBM App

KBM singkatan dari Komunitas Bisa Menulis, didirikan oleh penulis terkenal Asmanadia bersama suami Isa Alamsyah. Awalnya ini adalah nama grup Facebook. Tetapi sekarang sudah ada aplikasinya bernama KBM App. Nah di KBM App, kita bisa menulis dan menerbitkan karya tanpa editor, jadi bebas. Sekaligus bisa mendapatkan penghasilan dengan cara kunci bab, biasanya baru bisa dikunci di bab 8 dengan jumlah subsriber sekitar 20 orang. Sangat mudah kan.

Setahu saya, di KBM App ini, peminatnya kebanyakan kaum ibu. Jadi, ceritanya didominasi cerita rumah tangga. Nah, bagi kalian yang tertarik untuk memulai menulis dan mendapatkan penghasilan, bisa mencoba KBM App.

2. Menulis di Storial.co

Storial.co didirikan oleh Brillian Yotenege, Steve Wirawan, dan Aulia Halimatussadiah, mereka menyebutnya sebagai “social story telling platform”bisa menjadi salah satu pilihan penulis pemula untuk memulai berkarya dan mempublikasikan karyanya. Di platform storial.co kita bisa membaca dan menulis cerita. Di platform ini juga kita bisa berkolaborasi dengan penulis lain, yakni membuat satu buku bersama. Bagi pemula, ini menjadi jalan untuk mengembangkan skill menulisna. 

Penulis di storial.co akan mendapatkan royalti atau penghasilan dari tulisan yang diterbitkan setelah minimal mendapatkan 500 pembaca. Di storial sudah ada fitur bab premium, dengan mengaktifkan bab premium, maka setiap pembaca yang ingin membaca bab tersebut harus bayar. Inilah yang menajdi penghasilan penulis.

Storial.co ini juga bekerja sama dengan sebuah penerbit online bernama nulisbuku.com. Menarik kan. Untuk mengirim tulisan, kamu bisa mendaftar, gampang cara daftarnya, tinggal klik sign up dan masukkan email. Sistem pembayarannya bisa menggunakan storial wallet.

3. Menulis di Joylada

Tidak kalah menarik juga, Joylada merupakan sebuah inovasi dalam dunia literasi, dimana pembaca bisa membaca novel dalam bentuk chat. Jadi, seolah-olah tokoh novelnya sedang chattingan di Whatsapp. Menarik kan.

Jik tertarik untuk menulis di Joylada, bisa mendownloadnya di play store dan install. Setelah data semua terisi, tinggal upload karyamu. Setiap pembaca yang membaca karyamu, akan menyumbangkan jumlah joy, nah, ini juga dihitung penghasilan penulis. Hitungannya per sekian kata.

4. Menulis di Novelme

Novelme juga merupakan platform bagi penulis baru untuk menerbitkan karyanya. Pembaca novelme semakin meningkat. Ada banyak bonus juga yang diberikan bagi penulis yang bisa mencaapi terjet tertentu. Hanya saja, per bab minimal 1000 kata. Bagi penulis baru, ini lumayan menguras pikiran. Apalagi harus update setiap hari, hanya diberi jatah libur 4 hari dalam sebulan.

Di novelme ada editor yang cek tulisan yang diterbitkan, jadi tidak langsung terbit. Tetapi, editingnya juga tidak ketat, biasanya hanya cek salh ketik atau kata-kata yang dilarang. Jadi gampang. Biasanya novel yang sudah 10.000 kata, sudah bisa mengajukan kontrak dengan jumlah subscriber sekian.

5. Menulsi di Dreame

Dreame ini mirip Wattpad. Banyak cerita yang bisa dibaca gratis. Jika kamu sudah lama menulis di Wattpad dan sudah mempunyai banyak pembaca di sana, minimal 100.000 viewers, nah, kamu bisa langsung tanda tangan kontrak. Tetapi, kalau baru mulai menulis, bisa dengan cara lain, yakni mengumpulkan love atau like di karyamu. Ya, rajin-rajin saja promosinya.

Jadi, Dreame bisa menjadi salah satu platform untuk mendapatkan penghasilan dengan menulis cerita. Kalau kamu aktif di sosial media, tidak sulit untuk mendapatkan love dan like, apalagi banyak teman.

6. Menulis di Noveltoon 

Menulis di Novelton juga bisa menjadi jalan untuk mendapatkan penghasilan. Pengguna Noveltoon sudah jutaan jumlahnya. Mereka adalah calon pembaca karyamu. Untuk menulis di Noveltoon tidak sulit, tinggal daftar saja, caranya tidak sulit. Nah, kamu akan mendapatkan reward di Noveltoon sesuai jumlah pembaca. Semakin banyak yang membaca karyamu, maka rewardnya juga semakin banyak. Tanda tangan kontrak baru bisa dilakukan setelah karyamu mencapai 30.000 kata.

Itulah 6 Aplikasi atau platform webnovel yang bisa dimanfaatkan untuk mendapatkan penghasilan dari menulis. Lumayan kan buat cari tambahan penghasilan, jika karyamu sudah banyak, tentu bisa jadi penghasilan utama.

Belum ada Komentar untuk "Aplikasi Menulis Cerita yang Dibayar"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel