Featured post

Menikahi Janda Kaya Untuk Biaya Kuliah

Ada orang ketuk pintu. Rian membuka kamar kostnya. Rupanya ibu kostnya, Bu Rahma. "Ibuk masak agak banyak, Nak Rian," katanya. &qu...

macam macam madu dan manfaatnya Untuk Kesehatan

macam macam madu dan manfaatnya Untuk Kesehatan

Jenis Madu - Madu memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Berdasarkan sejarahnya, manusia menkonsumsi madu sudah sejak ribuan tahun lalu. Pemanfaatannya pun bervariasi, ada yang dijadikan makanan, ada juga yang dijadikan minuman, bahkan untuk perawatan kecantikan. Ada juga yang memanfaatkan madu sebagai pemanis makanan dan minuman. Karena mudahnya madu didapatkan, hampir di setiap tempat, dimana ada lebah, pasti ada madu. Maka madu dikonsumsi oleh jutaan orang di berbagai belahan dunia. Artinya, khasiat dan manfaat madu bagi kesehatan sudah dikenal umat manusia sejak dahulu kala.

Di jaman sekarang madu banyak dimanfaatkan sebagai campuran ramuan agar rasanya lebih nikmat, selain itu banyak juga salon kecantikan yang memanfaatkannya sebagai lulur untuk memperindah kulit.

Jenis madu sangat banyak ragamnya, hal tersebut tergantung dari nektar bunga yang dihisap oleh lebah yang menghasilkan madu, juga berdasarkan tempat atau habitat lebah tersebut. Jenis nektar menentukan jenis madu yang dihasilkan oleh lebah, baik warna, rasa, tekstur dan manfaatnya.

Jenis Madu Berdasarkan Sumber Nektar

Berikut macam-macam madu dikelompokkan berdasarkan sumber nektar yang dihisab oleh lebah:

Jenis Madu Monoflora

macam macam madu dan manfaatnya Untuk Kesehatan

Jenis madu monoflora adalah jenis madu yang dihasilkan oleh lebah yang menghisab nektar dari satu jenis bunga saja. Biasanya lebah seperti ini hidup di perebunan tertentu, atau memang oleh peternaknya diberi satu jenis bunga saja.

Jenis Madu Multiflora

macam macam madu dan manfaatnya Untuk Kesehatan

Sebaliknya, jenis madu multiflora merupakan jenis madu yang dihasilkan oleh lebah yang mengonsumsi nektar berbagai jenis bunga. Sehingga madu yang dihasilkannya pun berbeda dengan madu monoflora.

Jenis Madu Bunga Kapuk Randu

macam macam madu dan manfaatnya Untuk Kesehatan

Jenis madu bunga kapuk ada juga yang bilang bunga randu adalah jenis madu yang dihasilkan oleh belah yang menghisap nektar bunga kapuk. Madunya terasa manis sedikit asam. Jadi, jenis madu bunga kapuk ini memiliki ciri-ciri khas dan juga memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan. Dipercaya madu bunga kapuk ini bisa dijadikan masker wajah untuk perawatan kulit, juga bisa meningkatkan daya tahan tubuh, memperlancar funsi otak, bahkan bisa mempercepat sembuhnya sariawan dan luka bakar. Madu bunga kapuk ini juga bagus dikonsumsi oleh balita.

Jenis Madu Bunga Karet

macam macam madu dan manfaatnya Untuk Kesehatan

Madu bunga karet dihasilkan oleh lebah yang menghisab nektar bunga karet. Jenis madu ini jua banyak memiliki manfaat, yaitu dapat meningatkan daya tahan tubuh, bagi wanita madu bunga karet juga bisa menyembuhkan keputihan. Madu ini juga bisa menyembuhkan alergi dan gatal-gatal. Bahkan ada yang mengatakan bisa dioleskan pada luka bakar. Selain itu juga bisa meningkatkan fungsi otak.

Jenis Madu Bunga Kopi

Di daerah kebun kopi biasanya banyak lebah penghasil madu bunga kopi ini. Madu jenis ini juga banyak khasiatnya untuk kesehatan. Ada yang mengatakan mampu mengatasi penyakit antung, athma, maag atau liver, bahkan juga bisa mengatasi penyakit darah tinggi.

Jenis Madu Bunga Lengkeng

Madu bunga lengkeng atau ada yang bilang madu klengkeng dihasilkan oleh lebah yang mengkonsumsi nektar bunga lenkeng. Jadi, jenis madunya diberi nama sesuai nama bunga yang dikonsumsi oleh lebahnya. Manfaatnya juga cukup banyak, yaitu untuk daya tahan tubuh, juga bisa melancarkan urin, bahkan ada yang bilang bisa menyembuhkan sakit  pinggang juga, memperuat fungsi dan kerja ginjal jua. Nah, bagi itu, madu ini dapat meningatkan fungsii otak.

Jenis Madu Bunga Mangga

Meskipun namanya madu bunga mangga, tapi bukan berarti madu ini rasanya seperti jus mangga. Madu bunga mangga dihasilkan oleh lebah yang mengkonsumsi nektar bunga mangga. Khasiatnya juga bisa meningkatkan daya tahan tubuh, meningkatkan fungsi otak, bagi ibu hamil cukup bagus juga dikonsumsi. Madu ini juga bisa menghilangkan rasa mual

Jenis Madu Bunga Kaliandra

Jenis madu bunga kaliandra dihasilkan oleh lebah yang menghisab nektar bunga kaliandra. Cukup banyak juga manfatnya untuk kesehatan, diantaranya meningkatkan hormon, menjadikan tekanan darah normal bagi yang tidak normal, baik darah tinggi maupun darah rendah, jadi stabil tekanan darahnya. Madu ini juga melancarkan pencernaan and bisa mengatasi penyakit reumatik juga.

Jenis Madu Bunga Jambu Air

Ada jambu air ada jambu biji. Nah, madu bunga jambu air ini dihasilkan oleh lebah yang mengkonsumsi nektar bunga jambu air. Adapun manfaatnya bagi keehatan tubuh yakni bisa meningkatkan fungsi otak bisa menghilangkan rasa mual, meningkatkan daya tahan tubuh, juga bisa mengatasi insomnia, bagi ibu hamil juga bagus.

Jenis Madu Bunga Rambutan

Rambutannya enak sekali, rupanya lebah juga suka sama bunga rambutan. Lebah yang menghisap nektar bunga rambutan ini lah yang menghasilkan jenis madu bunga rambutan. Rasanya dan aromanya pun mirip rambutan, warnanya kuning. Adapun manfaatnya, madu ini bisa memperkuat fungsi ginjal dan otak, melancarkan urin, juga bisa mengobati batuk dan athma, juga maag. Pastinya madu ini jua meningkatkan daya tahan tubuh.

Jenis Madu Klanceng / trigona / kelulut

Madu klanceng biasanya berwarna hitam dan manis, madu ini dihasilkan oleh lebah yang sangat kecil ukurannya. Madu yang dihasilkan lebah ukuran kecil ini mengandung enzim seperti oksidase , peroksidase, dan diastase. Enzim-enzim ini berfungsi memecah glukosa dan krbohidrat. Adapun khasiatnya bagi tubuh dapat mengatasi penyakit diabetes, menyeimbangkan metabolisme tubuh. Nah, bagi pria, madu jenis ini banyak dikonsumsi oleh para suami untuk keperkasaan. Harga madu klanceng ini masih tergolong mahal karena belum banya yang ternak.

Jenis Madu Apel

Madu apel ini tidak rasa apel ya, sebab lebahnya hanya mengkonsumsi nektar bunga apelnya saja. Madu apel ini dipercaya memiliki khasiat mengatasi penyakit athma, jantung, maag, darah tinggi, lever. Bagi ibu hamil, madu ini dapat menghilangkan rasa mual, dan banyak lagi manfaatnya.

Jenis Madu Akasia

Jenis madu akasia atau disebut juga acacia honey rasanya sangat manis kandunan dan manfaatnya cukup banyak. Madu ini mengandung frukosa yang cukup tinggi dan mengandung glukosa yang rendah, sehingga madu akasia lambat mengkristal. Madu akasia berkhasiat melawan penyakit jantung dan kanker berkt kandungan flavonoid dan antioksidan. Antibakteri yang dikandungnya juga berguna untuk kesehatan kulit.

Madu hutan Sumatera

Madu Sumatera ini cukup terkenal ya di Indonesia. Mungkin karena hutan Sumatera cukup strategis bagi perkembangan lebah penghasil madu berkwalitas sehingga cukup banyak peminatnya. Kandungan dan khasiatny tentu tidak diragukan lagi, banyak manfaat bagi keehatan, yakni menjaga daya tahan tubuh dan samina. 

Madu hutan Timor

Ternyata di wilayah timur tidak kalah dengan Sumatera yang berada di wilayah barat Indonesia. Madu hutan timor ini dihasilkan di wilayah timur Indonesia, tepatnya di provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT). Kandungannya juga banyak manfaat, yakni bagi pria bisa menjaga vitalitas, dan bagi wanita berguna menjaga kesehatan kulit. Bahkan madu ini, katanya, diurutan nomor tiga dunia soal kwalitas. 

Madu hutan Sumbawa

Madu hutan Sumbawa, yang ini juga dari wilayah timur. Sumbawa merupakan daerah yang kering dan lumayan panas, karena itulah madu yang dihasilkan di hutan ini rendah kadar airnya. Selain itu tekstur madu sumbawa cukup pekat dan rasanya manis. Madu ini dihasilkan oleh lebah yang menghisap nektar pada pohon bidara (ziziphuz mauritiana). 

Madu hutan Kalimantan

Sesuai namanya madu hutan kalimantan dihasilkan di hutan kalimantan. Madu jenis ini teksturnya tidak terlalu kental. Madu hutan kalimantan biasanya digunakan sebagai penambah rasa pada makanan dan minuman.

Madu hutan Jambi

Kembali lagi ke wilayah barat, madu hutan jambi juga tak kalah unggul. Madu hutan jambi dikenal dengan kandungan gulanya yang mudah dicerna. Madu hutan jambi berkhasiyat sebagai sumber energi. Harganya pun cukup terjangkau.

Jenis Madu Tawon Gung

Madu tawon gung ini dihasilkan oleh lebah gung. Harganya masih cukup mahal karena memang jarang, sebab lokasi sarang lebah gung biasanya berada di tempat yang sangat tinggi. Untuk diternak pun cukup sulit karena jenis lebah ini sangat agresif. Jadi, lebah ini hidup liar dan mengkonsumsi multi nektar. Jenis madu tawon gung rasanya manis.

Madu tawon Gung banyak dimanfaatkan sebagai bahan makanan, perawatan kecanttikan, menjaga vitalitas pria, jua menjaga kwalitas darah, meningkatkan Hb Darah, mengurangi kadar asam lambung pada penderita penyakit lambung.

_______________________

Pemesanan Madu, WA: 081578729803

Madu Hutan

harga madu hutan:
150 ml     : Rp 45.000
0,5 kg     : Rp 90.000
250 ml    : Rp 55000
350 ml    : RP 70.000
500 ml    : Rp 100.000
1 kg        : Rp 140.000

Jenis madu

Madu klanceng

harga madu klanceng:
150 ml    : Rp 120.000
1/2 kg    : Rp 230.000
250 ml    : Rp 200.000
350 ml    : Rp 230.000
500 ml    : Rp 400.000
1 kg        : Rp 450.000

jenis madu


Madu Murni Super Gold


Jenis madu

Madu Hutan Bawang Lanang


Jenis madu


Belum ada Komentar untuk "macam macam madu dan manfaatnya Untuk Kesehatan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel