Featured post

Menikahi Janda Kaya Untuk Biaya Kuliah

Ada orang ketuk pintu. Rian membuka kamar kostnya. Rupanya ibu kostnya, Bu Rahma. "Ibuk masak agak banyak, Nak Rian," katanya. &qu...

kenapa Lebah yang Terbang Jauh Tidak Lupa Sarangnya

kenapa Lebah yang Terbang Jauh Tidak Lupa Sarangnya

Nah, ada kalanya lebah harus terbang jauh untuk mencari sumber makanan. Biasanya mereka mengkonsumsi nektar bunga. Wah, untuk bertahan hidup, bukan hanya manusia yang harus bekerja keras, lebah pun juga perlu kerja keras. Sebab, kan tidak selamanya suatu bunga itu ada, ada kalanya di musim tertentu, bunga sulit didapatkan.

Mungkin banyak yang bertanya-tanya ya, terus bagaimana kembalinya nanti? Kira-kira tanda apa ya yang dibuat oleh para lebah peerja ini? Nah, dikutip dari situs bbka.org, sebuah situs milik British Bee Keeper Association, ini sebuah perkumpulan peternak lebah di UK ya, di sana tertulis tentang bagaimana lebah itu bisa kembali pulang setelah terbang jauh mencari bunga. Berikut kutipannya:

It is amazing to see how colonies of bees stick together, despite the vast distances each worker must travel in order to serve the hive. It is now known that bees use the position of the sun to help them know where they are and where they need to go back to; there is now some evidence of sensitivity to the earth’s magnetic field too. It is worth saying too that bees’ eyes are sensitive to polarized light which penetrates through even thick cloud so they are able to ‘see’ the sun, even when the weather is poor. (bbka)

Nah, sekarang jadi tahu kan. Ternyata lebah-lebah itu memanfaatkan kemampuannya melihat posisi matahari. Jadi, dengan memperhatikan posisi matahari, mereka dapat mengenali lokasi mereka berada, dan tahu jalannya kemana harus pulang nanti. Selain itu, ternyata mereka juga peka terhadap medan magnet bumi, nah jadi tidak perlu kompas. Beda dengan manusia ya.

Bahkan di saat mendung yang cukup gelap sekalipun, ternyata lebah masih mampu mendeteksi posisi matahari. Hebat kan... Sebab mata lebah ini ternyata juga sensitif terhadap cahaya yang terpolarisasi. Wah, hebat ya. Ternyata mahluk kecil yang menghasilkan madu ini memiliki kemampuan yang luar biasa.

Baca juga: Jenis-jenis Madu

Ternyata, seperti yang dilansir di situs bbka.org, lebah itu dalam hidupnya, khusus lebah pekerja, bisa terbang sejauh 3 mil. wow... Padahal badannya kecil. Meskipun tidak selalu sejauh itu ya. Kalau dihitung, dalam sehari, lebah ini bisa terbang sejauh bumi dan bulan setiap hari. Wah, hebat juga ya.

Kecepatan terbangnya juga lumayan loh, yakni kisaran 21-28 km/jam saat sedang mencari makan (nektar), tapi pulangnya, setelah mendapatkan nektar, pllen, propolis dan air, mereka terbang lebih lambat, yakni kisaran 17km/jam

Belum ada Komentar untuk "kenapa Lebah yang Terbang Jauh Tidak Lupa Sarangnya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel