Featured post

Menikahi Janda Kaya Untuk Biaya Kuliah

Ada orang ketuk pintu. Rian membuka kamar kostnya. Rupanya ibu kostnya, Bu Rahma. "Ibuk masak agak banyak, Nak Rian," katanya. &qu...

Bagaimana Cara Memahami Ayat Al Quran Sesuai Teks

Di zaman ini banyak sekali perdebatan, bahkan yang berdebat tidak punya cukup ilmu. Ulama belajar ilmu tafsir, ilmu hadits, dsb itu butuh waktu bertahun-tahun. Tetapi, di zamn ini, cukup ikut kajian, atau dengarkan YouTube, langsung ngajak debat. Parahnya lagi, langsung menyebut ayat dan hadits, tanpa menyebut ustadz yang ia dengar ceramahnya. Membagikan ilmu yang didapat dari ulama itu bagus, tapi harus menyebut nama ulama tersebut.

Nah, ada beberapa orang yang kadang bahkan sering bilang, Al Quran tidak boleh diubah, harus sesuai teksnya. Seorang ulama mungkin dengan metode tertentu ya, artinya, frase "sesuai teks" ini bukan versi orang awam, tapi versi ulama. Sebab, kalau versi awam, coba perhatikan 2 ayat berikut:


Coba perhatikan kata yang digaris bawahi, kalau itu dipahami sesuai teks oleh orang awam, maka itu akan dipahami sebagai suatu perintah. Karena ini firman Allah, berarti wajib. Begitu jadinya kalau dipahai tidak dengan ilmu tafsir. Lucu kan jadinya, masak setiap orang yang selesai ihram wajib berburu? Tidak kan.


Ayat ini juga. Kalimat yang digaris bawahi itu, jika diartikan sesuai teks dengan pemahaman awam, itu artinya tidak ada dosa melakukan sa'i. Nah, berarti tidak wajib kan. Begitu jadinya kalau dipahami sesuai teks oleh orang awam. Padahal, sa'i itu wajib dilakukan oleh orang yang melakukan haji.

Jadi, lebih baik kita belajar ilmu yang lengkap dan komplit dari pada berdebat tentang butiran-butiran ilmu yang kita temukan berserakan di sosial media. Semoga kita semua tambah ilmu, tambah meningkat kwalitas iman, dan masuk surga semuanya.



Belum ada Komentar untuk "Bagaimana Cara Memahami Ayat Al Quran Sesuai Teks"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel