Featured post

Menikahi Janda Kaya Untuk Biaya Kuliah

Ada orang ketuk pintu. Rian membuka kamar kostnya. Rupanya ibu kostnya, Bu Rahma. "Ibuk masak agak banyak, Nak Rian," katanya. &qu...

Perbedaan Kata in dan into dalam Bahasa Inggris

Kali ini kita belajar bahasa inggris bab vocabulary alias kosa kata. Ada dua kata yang hendak kita bahs kali ini, yakni kata "in" dan "into". Kalau kita lihat di kamus bahasa indonesia, kata "in" diartikan "di dalam" sedangkan kata "into" diartikan ke dalam. Wah, dalam bahasa Indonesia perbedaannya jelas nampak ya: "di dalam" dan "ke dalam" itu jelas beda ya.

Jadi, kata "in" itu menunjukkan bahwa sesuatu itu sudah ada di dalam. Contoh, "My pen is in my bag" artinya, pena saya ada di dalam tas. Jadi kata "in" menunjukkan bahwa pena saya berada di dalam tas. Sedangkan kalimat "I'll put that spoon back into the cupboard" terjemahannya "Saya akan menaruh sendok itu kembali ke dalam lemari", artinya, sendok tersebut sekarang berada di luar lemari dan akan dipindahkan ke dalm lemari agar berada di dalam lemari.

Baca juga: 5 Cerita Pendek Bahasa Inggris Tentang Binatang

Jadi dari dua contoh kalimat di atas, jelas ya perbedaannya. Kata "in" itu menunjukkan keberadaan suatu benda di dalam sesuatu. Sedangkan kata "into" ini menunjukkan proses perpindahan suatu benda yang berada di luar berpindah ke dalam sesuatu. Perhatikan contoh lain penggunaan kata "in" dan "into" di bawah ini:

  1. They'll go into the garden

  2. Get into the bed!

  3. These trousers are too small. I can't get into it any more.

  4. Tony and Harry climbed into the truck.

  5. We came into our room.

  6. I got into the bath.
Ada 6 contoh penggunaan kata "into". Semua kalimat di atas menunjukkan penggunaan kata "into". Kalau kita perhatikan, jelas ya maknanya bahwa kata "into" itu menunjukkan suatu proses perpindahan dari luar ke dalam. Kalimat nomor satu menjelaskan bahwa mereka berada di luar taman dan akan ke dalam taman, yang ke dua juga berada di luar kamar dan diperintah masuk ke dalam kamar, kalimat yang ke tiga menunjukkan bahwa kakinya di luar celana dan tidak bisa masuk kek dalam celananya--karena sudah terlalu kecil. Jadi, semua kalimat di atas menunjukkan proses perpindahan ke dalam.




Belum ada Komentar untuk "Perbedaan Kata in dan into dalam Bahasa Inggris"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel