Featured post

Menikahi Janda Kaya Untuk Biaya Kuliah

Ada orang ketuk pintu. Rian membuka kamar kostnya. Rupanya ibu kostnya, Bu Rahma. "Ibuk masak agak banyak, Nak Rian," katanya. &qu...

Penyebab Itik Mengalami Stress dan Tidak Mau Makan

Penyebab Itik Mengalami Stress dan Tidak Mau Makan

Penyebab Itik Mengalami Stress dan Tidak Mau Makan – Tingkat kesetresan pada itik dipengaruhi oleh beberapa faktor, diantaranya: tekanan dari luar seperti nutrisi pakan, perubahan pakan secara tiba-tiba, perubahan air minum, luas kandang, tingkat produksi, jumlah itik yang dipelihara (kepadatan), perkandangan, pemeliharaan rutin, kebisingan, adanya orang asing yang tidak biasa mereka lihat, sakit, itik mengalami kelelahan, temperatur suhu dan perubahan cuaca secara tiba-tiba. Itik yang mengalami stress dapat ditandai dengan terjadinya perilaku bebek yang tidak normal seperti menurunnya konsumsi pakan, produksi rendah, timbulnya penyakit yang menyerang bebek dan bebek mengalami kematian.

Baca juga: Tips Mengatasi Stress pada Bebek

Berikut saya akan membagikan beberapa tips yang bisa peternak lakukan untuk menghindari stress pada itik :

1. Stress Akibat Pakan itik

Anda harus memenuhi kebutuhan nutrisi itik selama masa bertelur karena hal ini dapat berpengaruh terhadap kualitas telur itik nantinya. Anda harus menghindari pemberian pakan yang berubah-ubah. Itik termasuk salah satu binatang yang sangat peka baik terhadap bau maupun rangsangan. Usahakan mencampur pakan dalam kurun waktu seminggu sekali secara merata dan seragam atau tidak diubah-ubah agak itik tidak mengalami stress. Jika anda Mencampur pakan setiap hari maka akan memperbesar kemungkinan perubahan komposisi dan keseragaman pada pakan yang nantinya akan dikonsumsi oleh itik.

2. Stress Akibat Lingkungan

Anda harus menghindari menggunakan kandang yang terlalu padat karena akan memperbesar kemungkinan untuk itik-itik yang agresif mengganggu itik yang lain dalam kandang tersebut. Pastikan juga bahwa air harus selalu tersedia di kandang, Kekurangan air nantinya akan mempecepat proses rontok bulu (moulting) pada itik. Lokasi kandang itik tidak boleh terlalu dekat dengan perumahan atau tempat tinggal penduduk serta tidak banyak dilewati lalu lintas umum baik pengendara sepeda motor atau yang lainnya. Pada malam hari anda harus memberikan cahaya lampu kecil di kandang dan jangan memberikan lampu yang terlalu terang.

Hal ini untuk mengurangi terjadinya kekagetan pada itik di dalam kandang bila ada suara bising atau berisik yang lewat, misalnya suara bising dari sepeda motor, kentongan, dan lain sebagainya selain itu, anda juga harus memastikan bahwa Kandang cukup mendapat sinar matahari, hal ini sangat berpengaruh terhadap kesehatan itik nantinya.

Berikut penjelasan singkat mengenai Penyebab Itik Mengalami Stress. Semoga tips yang saya bagi diatas dapat membantu para peternak untuk mengatasi kestressan pada unggas mereka, agar dunia perternakan di Indonesia semakin berkembang pesat.


Belum ada Komentar untuk "Penyebab Itik Mengalami Stress dan Tidak Mau Makan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel