Artikel Terbaru

Cara Ternak Ayam Potong untuk Pemula 2020

cara ternak ayam potong pemula, cara ternak ayam potong dari kecil, cara ternak ayam potong rumahan, cara ternak ayam potong di rumah, cara ternak ayam potong yang baik dan benar

Cara Ternak Ayam Potong untuk Pemula - Taukah anda apa itu Ayam pedaging? ayam potong? Atau yang lebih dikenal dengan sebutan ayam broiler. Ayam potong merupakan salah satu dari banyak jenis ayam lainnya. Ayam potong ini dagingnya dapat dimanfaatkan untuk dijual atau dijadikan bahan makanan.

Saat ini kebutuhan akan ayam potong sangat banyak diminati oleh masyarakat di indonesia. Untuk mendapatkan ayam potong ini anda dapat membelinya di pasar atau mendatangi langsung kandang ayam potong di sekitar tempat anda tinggal.

Cara Ternak Ayam Potong


Jika anda ingin memulai bisnis ayam potong ini, terlebih dahulu anda harus mengetahui cara yang baik untuk memelihara ayam potong agar nantinya mempunyai kualitas yang tinggi dan tentunya dapat menguntungkan anda.

Anda harus memperhatikan lokasi kandang, cara memilih bibit ayam potong yang unggul, pemberian pakan pada ayam, cara pemeliharaan, dan juga cara yang tepat untuk panen. Mari kita bahas satu persatu sebagai berikut :

1. Lokasi Kandang


Lokasi harus berada jauh dari kebisingan dan tempat tinggal penduduk dikarenakan hal ini dapat menyebabkan ayam potong menjadi stres. Anda bisa memilih bentuk kandang yang tanpa panggung atau dengan menggunakan panggung. jika anda memilih dengan menggunakan panggung, biaya untuk membuat panggung akan lebih mahal sesuai dengan kualitasnya, karena kandang yang bertipe panggung ini tidak akan kotor dan tidak memerlukan alas juga sangat efisien.

2. Cara memilih bibit


Ciri bibit yang baik yaitu Memiliki tubuh yang gemuk, Bulunya tidak terlihat kusam, sehat, anusnya tidak kotor, mata tajam, dan memiliki.hidung yang bersih

3. Pemberian Pakan yang bernutrisi


Contohnya seperti pelet, crumbes, dan jagung giling.

4. Cara Pemeliharaan ayam potong - Cara Ternak Ayam Potong


Saat minggu pertama, bibit ayam potong harus anda masukkan ke dalam inkubitor, setelah itu beri pakan berupa crumbes dan jangan lupa untuk memberi minum air hangat.

saat minggu kedua, kurangi suhu dalam pemanas

saat minggu ketiga, bibit potong tidak lagi membutuhkan pemanas.

saat minggu keempat, bulu-bulu pada ayam sudah mulai tumbuh dan pakan ayam menjadi 2 kali lipat.

saat minggu kelima, anda harus membersihkan kandang ayam secara rutin.

5. Cara Memanen Ayam Potong


Saat panen, Jangan menangkap ayam secara bersamaan karena ayam tersebut akan lemas dan jangan menumpuk ayam pada sudut kandang untuk menghindari banyaknya ayam yang mati.

Itulah, tips atau cara ternak ayam potong untuk pemula, semoga artikel yang saya tulis diatas bisa memberikan informasi tambahan bagi para peternak yang akan memulai bisnis ternak ayam potong ini.

0 Response to "Cara Ternak Ayam Potong untuk Pemula 2020"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel