Artikel Terbaru

KISAH NABI IBRAHIM DIBAKAR HIDUP-HIDUP

 KISAH NABI IBRAHIM DIBAKAR HIDUP-HIDUP
Berikut dialog hakim dengan Nabi Ibrahim dalam persidangan Nabi Ibrahim yang dituduh menganiaya tuhan-tuhan orang Babylon, dikisahkan oleh Allah dalam Al Quran surat Al Anbiya ayat 58-69:
58. Maka Ibrahim membuat berhala-berhala itu hancur berpotong-potong, kecuali yang terbesar (induk) dari patung-patung yang lain; agar mereka kembali (untuk bertanya) kepadanya.
59. Mereka berkata: "Siapakah yang melakukan perbuatan ini terhadap tuhan-tuhan kami, sesungguhnya dia termasuk orang-orang yang zalim."
60. Mereka berkata: "Kami dengar ada seorang pemuda yang mencela berhala-berhala ini yang bernama Ibrahim."
61. Mereka berkata: "(Kalau demikian) bawalah dia dengan cara yang dapat dilihat orang banyak, agar mereka menyaksikan."
62. Mereka bertanya: "Apakah kamu, yang melakukan perbuatan ini terhadap tuhan-tuhan kami, hai Ibrahim?"
63. Ibrahim menjawab: "Sebenarnya patung yang besar itulah yang melakukannya, maka tanyakanlah kepada berhala itu, jika mereka dapat berbicara."
64. Maka mereka telah kembali kepada kesadaran dan lalu berkata: "Sesungguhnya kamu sekalian adalah orang-orang yang menganiaya (diri sendiri)",
65. kemudian kepala mereka jadi tertunduk (lalu berkata): "Sesungguhnya kamu (hai Ibrahim) telah mengetahui bahwa berhala-berhala itu tidak dapat berbicara."
66. Ibrahim berkata: Maka mengapakah kamu menyembah selain Allah sesuatu yang tidak dapat memberi manfaat sedikitpun dan tidak (pula) memberi mudharat kepada kamu?"
67. Celakalah kamu dan apa yang kamu sembah selain Allah. Maka apakah kamu tidak memahami?

Nabi Ibrahim as mengajak orang Babylon untuk menggunakan akal logikanya tentang perbuatan mereka menyembah patung buatan manusia. Tetapi, rupanya tidak satu pun memihak Nabi Ibrahim. Bahkan hakim memutuskan untuk membakar Nabi Ibrahim. Semua rakyat Babylon diminta untuk membawa kayu bakar. Dengan semangat mereka mengumpukan kayu bakar sebanyak-banyaknya. Bahkan dikisahkan ada orang sakit dan orang hamil juga ikut andil demi membela tuhan-tuhan mereka yang telah dianiaya oleh Nabi Ibrahim. Akhirnya menggununglah tumpukan kayur bakar itu. Nabi Ibrahim diikat di tengah tumpukan kayu bakar itu.
68. Mereka berkata: "Bakarlah dia dan bantulah tuhan-tuhan kamu, jika kamu benar-benar hendak bertindak."   
69. Kami berfirman: "Hai api menjadi dinginlah, dan menjadi keselamatanlah bagi Ibrahim",
Tetapi api dan segala yang ada di dunia ini adalah ciptaan Allah. Allah jadikan api itu dingin dan tidak mencelakai Nabi Ibrahim as. Setelah api padam dan kayu sudah jadi debu, betapa terkejutnya semua mata orang Babylon yang menyaksikann peristiwa tersebut. Nabi Ibrahim tidak terbakar, tidak terluka sedikit pun. Para hakim merasa dipermalukan. Orang-orang Babylon bertanya-tanya tentang keajaiban yang baru saja disaksikannya. "Kok bisa ya?" tanya mereka dalam hati. Ada yang mulai meragukan agama mereka. Ada yang mulai berbelok membenarkan Nabi Ibrahim as. tapi takut pada pembesar mereka.

0 Response to "KISAH NABI IBRAHIM DIBAKAR HIDUP-HIDUP"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel