Sunday, 9 June 2019

KISAH NABI IBRAHIM DAN EMPAT EKOR BURUNG

kisah nabi ibrahim as, kisah nabi ibrahim, kisah nabi ibrahim dan ismail, kisah nabi ibrahim lengkap, ayah nabi ibrahim, nama ayah nabi ibrahim, sejarah nabi ibrahim
Kisah Nabi Ibrahim as dengan empat ekor burung ini tertulis dalam kitab suci Al Quran, surat Al Baqarah ayat 260. Nabi Ibrahim bertanya pada Tuhannya bagaimana Allah menghidupkan orang yang sudah mati.

Kisah Nabi Ibrahim dan empat ekor burung ini ada dalam Al Quran surat AL Baqarah ayat 260:
Dan (ingatlah) ketika Ibrahim berkata: "Ya Tuhanku, perlihatkanlah kepadaku bagaimana Engkau menghidupkan orang-orang mati." Allah berfirman: "Belum yakinkah kamu ?" Ibrahim menjawab: "Aku telah yakin, akan tetapi agar hatiku tetap mantap (dengan imanku). Allah berfirman: "(Kalau demikian) ambillah empat ekor burung, lalu cincanglah[1] semuanya olehmu. (Allah berfirman): "Lalu letakkan diatas tiap-tiap satu bukit satu bagian dari bagian-bagian itu, kemudian panggillah mereka, niscaya mereka datang kepadamu dengan segera." Dan ketahuilah bahwa Allah Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana.
Dalam Tafsir Ibn Kathir 10 Volumes, halaman 645-646 tertulis bahwa menurut penjelasan Ibnu Abbas, Ikrimah, Sa'id bin jubair, Abu Malik, Abu Al-Aswad Ad-Dili, Wahb bin Munabbih, Al-Hasan dan As-Suddi. "Maka Ibrahim menangkap empat ekor burung, menyembelihnya, mencabuti bulu-bulunya, mencincangnya menjadi beberapa bagian dan mencampur aduknya. Lalu Ibrahim meletakkannya potongan-potongan badan burung tersebut di empat atau tujuh bukit." Ibnu Abbas berkata, "Ibrahim memegang kepala empat ekor burung tersebut. Allah memerintahkan Ibrahim untuk memanggil burung-burung yang sudah terpotong-potong tersebut. Ibrahim pun melakukannya. Ibrahim menyaksikan bulu, darah dan daging burung tersebut terbang, dan masing-masing terbang pada badan masing-masing, hingga masing-masing burung tersebut hidup kembali dan berjalan cepat ke arah Ibrahim. Burung-burung tersebut mencari kepalanya masing-masing di tangan Ibrahim. Ketika Ibrahim menyodorkan kepala yang bukan miliknya, badan burung itu menolaknya. Burung-burung itu hanya mau menerima kepalanya sendiri dengan kuasa Allah."

Itulah kisah Nabi Ibrahim as yang meminta penjelasan Allah tentang cara Allah menghidupkan orang mati. Nabi Ibrahim bertanya tentang hal tersebut untuk memantapkan hatinya (bukan tidak percaya pada Allah). Allah menunjukkan dengan bukti yang bisa dilihat denan kedua mata Nabi Ibrahim as. Ayat lain yang menjelaskan tentang hari kebangkitan ialah:
AL Hajj ayat 6:
Yang demikian itu, karena sesungguhnya Allah, Dialah yang haq dan sesungguhnya Dialah yang menghidupkan segala yang mati dan sesungguhnya Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu,

Yasin, ayat 52:
Mereka berkata: "Aduhai celakalah kami! Siapakah yang membangkitkan kami dari tempat-tidur kami (kubur)?." Inilah yang dijanjikan (Tuhan) Yang Maha Pemurah dan benarlah Rasul- rasul(Nya).
Baca juga Kisah Nabi Ibrahim Menghancurkan Berhala

No comments:

Post a Comment