Home » , , , , » Kisah Cinta Thalhah Harus Ia Relakan

Kisah Cinta Thalhah Harus Ia Relakan


______________________________________________________________

kisah hikmah, kisah inspiratif, kisah islam, Kisah Nyata, Kisah Sahabat Nabi,

Cerita cinta akan selalu indah bila dikisahkan. Dari zaman ke zaman cinta selalu exist dan selalu menjadi kenikmati para pecinta. Begitu juga dengan para sahabat Nabi Sang Utusan Allah yang bertugas menyampaikan wahyu ajaran agama. Salah satu kisah cinta yang dialami oleh Sahabat Nabi bernama Thalhah bin Ubaidullah. Ia adalah pria yang taat.

Suatu ketika ia berbicara dengan istri Nabi Muhammad Shallallahu 'Alaihi Wasallam, 'Aisyah ra. Rasulullah melihat mereka dan menghampiri 'Aisyah dengan raut muka tidak suka. Beliau memberi isyarat agar 'Aisyah masuk. Sebenarnya Thalhah masih sepupu 'Aisyah, tapi rupanya hubungan kerabat tak menghalangi munculya rasa di hati Thalhah. Wajah Thalhah memerah karena sikap Rasulullah. Ia pergi dengan gumaman dalam hati, "Rasulullah melarangku berbincang dengan 'Aisyah. Tunggulah saatnya. Jika Rasulullah wafat, tak akan kubiarkan pria lain mendahuluiku."

Begitulah jika cinta menguasai hati manusia. Menikahi janda itu halal, boleh dalam islam. Tetapi, terkhusus untuk istri Nabi Muhammad Shallallahu 'Alaihi Wasallam, Allah berkehendak lain. Karena peristiwa ini turun ayat:

"Dan tidak boleh kamu menyakiti (hati) Rasulullah dan tidak (pula) mengawini isteri-isterinya selama-lamanya sesudah ia wafat."
(QS.Al Ahzab : 53)

Ketika ayat ini dibaca Thalhah menangis dan bertobat pada Allah karena merasa bersalah. Sebagai wujud taubatnya, ia memerdekakan budaknya, menyumbangkan 10 onta, serta menunaikan haji dengan berjalan kaki. Inilah teladan yang luar biasa. Cinta pada manusia tak membutakan hati, tak mengungguli cintanya pada Allah dan RasulNya.

NB:
Riwayat ini belum jelas kebenarannya. Jadi tidak semua ulamak sepakat bahwa pria yang ingin menikahi 'Aisyah ra. adalah Thalhah. Kata Imam Al Qurtuby: “Dalam hal ini Ibnu Abbas menyebut orang tersebut dengan kata ‘beberapa sahabat’, Sementara Maki menceritakan dari Ma’amar bahwa sahabat tersebut adalah Thalhah bin Ubaidullah. Wallahu a'lam

Baca juga: Kisah Sahabat Nabi yang Menolak Ditawari Nikah Lagi oleh Istrinya

______________________________________________________________

0 comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.
 Mari Berdoa Agar Tambah Sukses

اللهم اكفني بحلالك عن حرامك وأغنني بفضلك عمن سواك

(Allahummak fini bihalalika ‘an haramika, waghnini bifadhlika ‘amman siwaka).

Artinya, “Ya Allah, berilah aku kecukupan dengan rezeki yang halal, sehingga aku tidak memerlukan yang haram, dan berilah aku kekayaan dengan karuniamu, sehingga aku tidak memerlukan bantuan orang lain, selain diri-Mu.”

HOT