Home » , , , , » DIALOG TIGA ILMUAN TIDAK TIDUR SEMALAMAN

DIALOG TIGA ILMUAN TIDAK TIDUR SEMALAMAN


______________________________________________________________

kisah inspiratif, kisah islam, Kisah Nyata, Kisah Sahabat Nabi, Kisah Teladan,

Mengintip aktivitas malamnya para ilmuan. Kali ini kita akan mengambil teladan dari tiga ilmuan yang biasa dipanggil Imam Syafii, Imam Ahmad bin Hanbal, dan Imam Yahya bin Ma'in. Imam Ahmad dan Imam Yahya ahli dalam bidang hadits, ia juga ahli ibadah dan ahli zuhud, sedangkan Imam Syafii ahli dalam bidang fiqih (hukum).

Ketika sedang melaksanakan ibadah haji, ketiganya sempat berada dalam satu kamar sehabis melaksanakan sholat isyak di masjidil haram. Imam Syafii melihat Imam Ahmad bin Hanbal melaksanakan sholat hingga subuh. Beliau juga melihat Imam Yahya bin Ma'in duduk sambil menoleh ke kanan, lalu ke kiri, begitu hingga subuh.

Sehabis sholat subuh ketiganya kembali ke kamar lagi. Imam Syafii yang sejak tadi malam penasaran dengan apa yang dilakukan oleh kedua sahabatnya bertanya pada Imam Ahmad, "Wahai, Ahmad. Tadi malam aku melihat engkau berdiri tegak, rukuk, sujud hingga adzan subuh. Apa yang engkau lakukan?"

"Aku menghatamkan Quran dalam sholat tahajjudku."

Imam Syafii juga bertanya pada Imam Yahya, "Engkau, Yahya, aku melihat engkau duduk toleh kanan, toleh ke kiri. Apa yang engkau lakukan semalaman?"

"Aku menshohihkan dan mendhoifkan hadits."

Keduanya pun juga bertanya pada Imam Syafii, "Engkau melihat kami, berarti engkau pun juga tidak tidur. Ngapain?"

"Aku mengambil hukum dari Quran, hadits, ijmak, Qiyas."

Luar biasa. Itulah sepenggal kisah tentang tiga ahli ilmu yang namanya dikenal hingga hari ini. Semoga Allah memberi kita kemampuan untuk bisa meneladaninya.

Baca juga kisah Thariq bin Ziad Penakluk Andalusia

______________________________________________________________

0 comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.
 Mari Berdoa Agar Tambah Sukses

اللهم اكفني بحلالك عن حرامك وأغنني بفضلك عمن سواك

(Allahummak fini bihalalika ‘an haramika, waghnini bifadhlika ‘amman siwaka).

Artinya, “Ya Allah, berilah aku kecukupan dengan rezeki yang halal, sehingga aku tidak memerlukan yang haram, dan berilah aku kekayaan dengan karuniamu, sehingga aku tidak memerlukan bantuan orang lain, selain diri-Mu.”

HOT