Artikel Terbaru

Nasihat Buat yang Ingin Memulai Bisnis

Nasihat Buat yang Ingin Memulai Bisnis
sumber Gambar
bisnisukm.com

Banyak orang mengimpikan ingin jadi pengusaha. Katanya pengusaha itu bebas dan merdeka hidupnya. Pengusaha itu bisa menentukan sendiri ingin penghasilan berapa. Pengusaha itu bos, bisa seenaknya. Pengusaha tidak ada yang mengatur, tidak tertekan. Benarkah seperti itu? Tak sedikit pemuda yang enggan kuliah, atau mahasiswa yang ingin DO saja berhenti kuliah, karena kabarnya banyak pengusaha yang sukses setelah DO kuliah.

Coba perhatikan nasehat Mohammad Nadjikh di atas. Pengusaha harus tahu jalan dan apa yang akan dilakukan. Apa maksudnya? Apa cukup modal nekad sok tahu jalan? Pebisnis memang bos, tapi apakah bos tidak butuh anak buah, tidak butuh pelanggan, tidak butuh relasi? Jika butuh, apakah boleh berbuat semaunya kepada mereka? Tak perlu takut untuk memulai bisnis, tapi jangan gegabah, harus smart dan cermat..

Salah satu mantan bos saya cerita. Dia sukses menjadi marketing di ibu kota. Kemudian dia mencoba buka cabang di Jawa Timur hanya dengan melakukan survey sesaat. Waktu saya mendengar cerita dia, walaupun dengan gaya yang cukup meyainkan, tapi saya kaget juga. Saya asli jawa timur, tahu kondisi daerah tersebut, beliau baru tiba dan sudah menyatakan daerah tersebut potensial. Tetapi, saya coba saja ikut beliau, dari pada nganggur. Alhasil, kurang lebih empat bulan usahanya tutup, beberapa saat setelah saya resign.

Waktu saya bekerja di tambak udang dulu, bosnya keras sekali. Kata teman-teman seperti tuan takur. Kalau beliau datang ke lokasi, jam berapap pun, semua harus tampak sibuk bekerja. Bisa dibayangkan kalau rumah beliau di situ juga, bisa 24 jam kerja terus. Kalau beliau berjalan di lokasi, anak buahnya wajib membuntuti, satu membawa payung di belakangnya. Keren banget ya.

Suatu ketika beliau lihat udangnya di geladak bambu di atas kolam. Di belakang beliau ada anak buahnya yang mendampingi, ada satu yang memayungi. Geladak bambu itu agak panjang ke tengah, kolamnya juga agak dalam. Untuk melihat udang harus jongkok dan mengangkat jaring yang sengaja di pasang di dalam kolam.  Nah, saat itulah, ada rekan yang nekad mendorong beliau. Byurrr.....!! Beliau pun tenggelam ke kolam. Sang pelaku langsung kabur dan tidak kembali lagi.

Apakah bos saya tersebut sudah sukses? Uangnya memang banyak, tapi beliau kurang bahagia. Beliau menderita penyakit tekanan darah tinggi. Istri beliau yang cerita. Hampir semua anak buahnya membencinya. Kejadian di atas hanyalah saalah satu contoh kecil kejahatan yang menimpa beliau. Mungkin saja kejahatan yang lebih kejam akan dialami beliau. Untuk mencapai sukses itu tidak bisa seenaknya. Perlu terus tekun belajar, perbaiki diri dan tingkatkan kwalitas diri.

Tetapi, tidak perlu takut untuk memulai bisnis. Mulai saja jalankan usaha sambil banyak sharing. Jangan bosan belajar.

0 Response to "Nasihat Buat yang Ingin Memulai Bisnis"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel