Tips Mengatasi Stress pada Bebek

Kondisi Stress atau cekaman pada itik/ bebek adalah kondisi ketegangan secara fisik atau secara psikologis.

Faktor yang mempengaruhi stess itik/bebek:

Tekanan dari luar seperti nutrisi pakan, perkandangan, manajemen, perubahan pakan secara tiba-tiba, perubahan air minum, luas kandang, jumlah itik/bebek yang dipelihara secara tiba-tiba, pemeliharaan rutin, transportasi, kegaduhan, tingkat produksi, adanya orang yang tidak dikenal, sakit, kelelahan, temperatur dan perubahan cuaca secara tiba-tiba.

Tanda bebek stress: perilaku abnormal, turunnya konsumsi pakan, produksi rendah, timbulnya penyakit dan kematian.

Tips untuk menghindari stress:

Stress Akibat Pakan
Penuhi kebutuhan nutrisi itik selama masa bertelur. Itik termasuk binatang yang sangat peka. Jangan sering merubah pakan, termasuk yang memberi cukup satu orang saja. Pakai baju berwarna kecoklatan, itik menyukai warna kecoklatan. Campur pakan seminggu sekali dengan benar-benar merata dan seragam.

Bila hendak merubah pencampuran pakan, lakukan secara bertahap, misalnya minggu pertama 75% pakan lama + 25% pakan baru, minggu kedua 50% pakan lama + 50% pakan baru, dan seterusnya.

Ternak bebek, mengatasi stress bebek


Stress Akibat Lingkungan
Usahakan cukup mendapat sinar matahari dan jauh dari kebisingan, dan tidak terlalu padat agar itik-itik yang agresif tidak mengganggu itik yang lain.

Sediakan air selalu. Kekurangan air akan mempecepat proses rontok bulu (moulting). Berikan cahaya lampu kecil pada malam hari (jangan terlalu terang) untuk mengurangi keterkejutan itik bila ada suara bising atau berisik.

Bisa juga menempatkan merpati atau binatang lain di dekat kandang agar bebek terbiasa dengan suara-suara lain.

Itik/bebek kadang juga mengalami stress karena faktor luar seperti perubahan cuaca yang ekstrim, infeksi penyakit, gangguan parasit seperti tikus yang membuat kaget ternak itik/ bebek. hal ini menyebabkan produksi menjadi menurun bahkan menyebabkan turunnya daya tahan tubuh sehingga berujung pada kematian. Untuk itu, pemberian multi vitamin juga perlu, seperti Viterpan, improlin-G, imunose maupun multivitamin lainnya yang aman dan terbukti efektif meningkatkan produktifitas ternak.

0 Response to "Tips Mengatasi Stress pada Bebek"

Post a comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel