Thursday, 2 November 2017

Nasihat Buat yang Ingin Memulai Bisnis







_____________________________________________________________________________

Banyak orang mengimpikan ingin jadi pengusaha. Katanya pengusaha itu bebas dan merdeka hidupnya. Pengusaha itu bisa menentukan sendiri ingin penghasilan berapa. Pengusaha itu bos, bisa seenaknya. Pengusaha tidak ada yang mengatur, tidak tertekan.

Benarkah seperti itu?

Tak sedikit pemuda yang enggan kuliah, atau mahasiswa yang ingin DO saja berhenti kuliah, karena kabarnya banyak pengusaha yang sukses setelah DO kuliah.

Coba perhatikan nasehat Mohammad Nadjikh di atas. Pengusaha harus tahu jalan dan apa yang akan dilakukan. Apa maksudnya? Apa cukup modal nekad sok tahu jalan?

Pebisnis memang bos, tapi apakah bos tidak butuh anak buah, tidak butuh pelanggan, tidak butuh relasi? Jika butuh, apakah boleh berbuat semaunya kepada mereka?

Salah satu mantan bos saya cerita. Dia sukses menjadi marketing di ibu kota. Kemudian dia mencoba buka cabang di Jawa Timur hanya dengan melakukan survey sesaat. Alhasil, kurang lebih empat bulan usahanya tutup.

Waktu saya kerja di tambak udang dulu, bosnya keras sekali. Kata teman-teman seperti tuan takur. Suatu ketika beliau lihat udangnya di geladak bambu di atas kolam. Anak buahnya wajib membuntuti. Nah, saat itulah, ada rekan yang nekad mendorong beliau. Untungnya tidak sampai terluka.

Tetapi, tidak perlu takut untuk memulai bisnis. Mulai saja jalankan usaha sambil banyak sharing. Jangan bosan belajar.

sumber Gambar
https://bisnisukm.com/kata-motivasi-dari-pengusaha-yang-sukses-dari-nol.html
_____________________________________________________________________________ _____________________________________________________________________________

0 comments:

Post a Comment