Sunday, 19 November 2017

Kisah Nyata: Peternak Sapi Pun Bisa Korupsi







_____________________________________________________________________________
Kisah Nyata. Indonesia memang mempunyai banyak cerita. Kasus ini terjadi di Jawa Timur. Selama ini yang kita tahu mengenai kasus korupsi, pelakunya pasti pejabat, orang berpendidikan tinggi, punya power yang kuat di masyarakat. Sedangkan peternak sapi, yang kita tahu, biasanya orang desa yang tidak berpendidikan dan sedikit wawasan. Memang, ada beberapa yang berpendidikan.

Berikut saya screenshot beritanya di detikNews.

Kisah, kisah inspiratif, kisah nyata
Benar kata Edy dalam berita tersebut. Namanya juga peternak. Seharusnya mereka dibimbing agar bisa mebjadi pengusaha ternak yang profesional. Kasus seperti ini tentu akan menyebabkan trauma bagi peternak lainnya. Mereka akan lebih memilih beternak dengan modal seadanya daripada dipenjara. Sehingga sulit untuk berkembang.

Padahal mereka merupakan aset negeri ini. Hanya saja mereka perlu pendampingan, butuh bimbingan. Usaha mereka menjadi peluang lapangan kerja. Dari pada impor daging sapi ke luar negeri, bukankah lebih baik membina peternak sendiri.

Kalau saya boleh berpendapat, sepertinya Pak Jaksa hanya memahami teori hukum, atau mungkin terlalu sibuk sehingga tidak mampu mengenali siapa yang sedang berhadapan dengan dirinya. Kecuali jika dalam kelompok para peternak tersebut ada yang ahli dalam bidang hukum yang bertanggung jawab atas urusan-urusan terkait hukum, maka orang tersebutlah yang dipenjara. Atau sebaiknya, adakan ujian test pemahaman hukum dulu sebelum diberi pinjaman kredit dana, tapi saya yakin tidak akan lulus.

Saya berharap, semoga ada pihak yang bisa mensupport para peternak dengan bantuan yang aman, yang bisa memahami dan mengayomi mereka, bukan menjerumuskannya ke penjara.


_____________________________________________________________________________ _____________________________________________________________________________

0 comments:

Post a Comment