Monday, 30 October 2017

Kisah Nyata: Motivasi Pak Jusuf Kallah Untuk Santri







_____________________________________________________________________________
Kisah, Kisah nabi adam, kisah malam pertama, kisah 25 nabi dan rasul, kisah nabi yusuf, kisah nabi muhammad, kisah inspiratif

Kisah Nyata. Angka yang cukup tinggi, sebanyak 1 juta sarjana baru. Jika semua ingin menjadi PNS, sedangkan yang akan diterima hanya 50.000 orang, kemana sisanya? Motivasi yang luar biasa oleh Pak JK kepada para santri agar tidak terlalu berharap menjadi PNS. Santri memang sudah dilatih berserah dan pasrah pada Yang Maha Esa, mereka sudah terbentuk mindset-nya bahwa rizki itu dari Allah, tidak harus dari gaji PNS.

Tetapi, perlu juga diperhatikan, para santri butuh perhatian pemerintah, terutama yang belajar di pesantren tradisional. Mereka perlu dibekali keterampilan-keterampilan yang bermanfaat bagi kehidupan masa depan mereka. Biasanya, santri di pesantren tradisional hanya belajar ilmu agama (ilmu cara ibadah). Sehingga, banyak dari mereka ketika sudah keluar dari pesantren menjadi kuli, padahal mereka bisa menjadi pengusaha atau pekerja mandiri.

Lebih parah lagi, tak sedikit dari mereka yang enggan bekerja: tidak mau jadi kuli, enggan untuk berdagang, jadi pegawai juga sulit. Kebanyakan dari mereka merasa malu. Bahkan ada yang cerita pada saya, untuk masuk ke minimarket saja malu. Katanya, selama di pesantren mereka memang tidak pernah bersentuhan dengan aktivitas di luar pesantren sehingga banyak tidak tahu hal-hal di luar pesantren.

Sekarang banyak pesantren yang juga mendirikan sekolah formal, tapi konsep pembelaarannya sama saja dengan sekolah pada umumnya. Sehingga mereka tetap mengandalkan ijazahnya untuk mendaftar jadi pegawai. Alangkah baiknya jika sekolah di pesantren dibuat beda, programnya seharusnya mendidik santri menjadi pengusaha mandiri.

Baca juga Tidak Enaknya Jadi Pegawai
_____________________________________________________________________________ _____________________________________________________________________________

0 comments:

Post a Comment