Kisah Nyata: Pedagang Blok G Merasa Merugi Karena PKL Tanah Abang

Flash True Story, Kisah Nyata, Real Story, PKL Tanah Abang

Hidup ini memang penuh cerita. Pengarangnya bukan manusia, tentu saja tidak semua cerita hidup ini sesuai dengan kehendak manusia.

Membaca berita di liputan6 tentang PKL tanah abang, rupanya menjamurnya mereka telah menyebabkan pedagang di blok G menurun pendapatannya. Tentu saja, penjualnya kan tambah banyak. Bahkan hingga ada pedagang blok G yang turun ke jalan jadi PKL. Ini kebijakan baru pemprov DKI. Saya jadi teringat suasana pasar di desa, kemunculannya hanya di waktu pagi, siang sedikit sudah tidak ada. Tetapi menurut pengamat perkotaan dari Universitas Trisakti, Yayat Supriatna, rupanya hal serupa juga dilakukan di luar negeri, yakni di Hong Kong yang dikenal dengan sebutan Ladies Market. Baca berita selengkapnya di sini.


Pengalaman seperti di atas sebenarnya wajar dalam berbisnis. Jika ingin tanpa saingan, jalankan bisnis yang belum dijalankan orang lain. Tetapi biasanya memang sesuatu yang tidak dibutuhkan orang. Hehe... Namun, memang tugas pemerintah juga untuk mengatur agar tidak terlalu banyak penjual dalam satu tempat.

Pebisnis sudah sepatutnya siaga dengan nasib masa depan bisnisnya. Pebisnis memang harus siap dengan segala kemungkinan yang akan dihadapi. Bagus sikap yang diambil oleh pedagang blok G yang memilih turun ke jalan jadi PKL. Memang harus begitu.

Semoga mendapatkan solusi terbaik.

Kisah Nyata: Orang Jepang Patuh, Polisi Tak Perlu Rasia

Kisah, kisah inspiratif, kisah nyata

Luar biasa. Jika kabar tentang orang Jepang yang sangat patuh tersebut benar, mungkin kita bertanya-tanya, bagaimana sistem pendidikan di Jepang bisa menghasilkan manusia-manusia yang begitu patuh. Apa pendidikannya dengan kelembutan, atau dengan kekerasan?

Ada cerita tentang sekumpulan gajah yang diikat dengan tali yang kecil. Orang yang kebetulan lewat bertanya pada yang menjaganya, "Kok gajah-gajah ini tidak lari? Kan talinya kecil?"

Sang penjaga gajah tersenyum. "Sejak kecil, gajah-gajah ini diikat dengan tali sekecil itu. Gajah-gajah ini sudah yakin kalau mereka tidak bisa memutus tali tersebut."

Wah, ini pendidikan mental. "When you believe..."

Memang, jika sejak kecil anak dibiasakan dengan teriakan dan bentakan, maka ketika besar, larangan yang diucapkan pelan tidak akan berefek. Begitu juga sebaliknya, jika anak dibiasakan dengan kata-kata yang lembut, maka ketika besar, cukup bilang kalau sesuatu itu dilarang, ia pun akan manut; tidak perlu bentakan.

Tetapi, berdasarkan beberapa sumber, pendidikan di Jepang sangat keras. Kasus bunuh diri tinggi. Mereka hidup dalam tekanan. Stress. Tidak semua anak muda bisa kuliah. Hanya yang benar-benar mampu melewati seleksi. Jam kerja di Jepang juga dikenal cukup panjang. Hidupnya digunakan untuk kerja, kerja, kerja.

Tetapi, kita semua tahu. Jepang adalah negara maju dan kaya. Namun, apakah secara umum, orang Jepang bahagia? 

Ada satu hal yang saya kagumi, yakni kedekatan ibu dengan anak saat masih kecil.

Sumber:
https://oto.detik.com › read › 2017/11/06

https://amp.kaskus.co.id/thread/56614d28c0cb17b0098b4569/gatsuone-info--ini-dia-pendidikan-di-jepang-yang-membuat-mereka-jadi-negara-maju



Kisah Nyata: Peternak Sapi Pun Bisa Korupsi

Kisah Nyata. Indonesia memang mempunyai banyak cerita. Kasus ini terjadi di Jawa Timur. Selama ini yang kita tahu mengenai kasus korupsi, pelakunya pasti pejabat, orang berpendidikan tinggi, punya power yang kuat di masyarakat. Sedangkan peternak sapi, yang kita tahu, biasanya orang desa yang tidak berpendidikan dan sedikit wawasan. Memang, ada beberapa yang berpendidikan.

Berikut saya screenshot beritanya di detikNews.

Kisah, kisah inspiratif, kisah nyata
Benar kata Edy dalam berita tersebut. Namanya juga peternak. Seharusnya mereka dibimbing agar bisa mebjadi pengusaha ternak yang profesional. Kasus seperti ini tentu akan menyebabkan trauma bagi peternak lainnya. Mereka akan lebih memilih beternak dengan modal seadanya daripada dipenjara. Sehingga sulit untuk berkembang.

Padahal mereka merupakan aset negeri ini. Hanya saja mereka perlu pendampingan, butuh bimbingan. Usaha mereka menjadi peluang lapangan kerja. Dari pada impor daging sapi ke luar negeri, bukankah lebih baik membina peternak sendiri.

Kalau saya boleh berpendapat, sepertinya Pak Jaksa hanya memahami teori hukum, atau mungkin terlalu sibuk sehingga tidak mampu mengenali siapa yang sedang berhadapan dengan dirinya. Kecuali jika dalam kelompok para peternak tersebut ada yang ahli dalam bidang hukum yang bertanggung jawab atas urusan-urusan terkait hukum, maka orang tersebutlah yang dipenjara. Atau sebaiknya, adakan ujian test pemahaman hukum dulu sebelum diberi pinjaman kredit dana, tapi saya yakin tidak akan lulus.

Saya berharap, semoga ada pihak yang bisa mensupport para peternak dengan bantuan yang aman, yang bisa memahami dan mengayomi mereka, bukan menjerumuskannya ke penjara.

Gosip: Menjanda, Umi Pipik Diisukan Mesra Sama Sunu

gosip, berita selebritis, gosip terbaru, berita artis hari ini, berita artis, berita terkini artis, berita artis terbaru

Ladang Cerita Umi pipik akai cadar sekarang. Lihat foto yang saya ambil di akun instagramnya. Menurut saya, lebih baik begitu, mengingat status beliau yang hingga kini masih menjanda. Apalagi beliau dikaruniai wajah cantik dan tubuh seksi. Apalagi sebagai seorang pendakwah yang menyampaikan ajaran agama untuk umat, tentu harus menjadi teladan. Namun, namanya manusia, ada saja yang komentar miring, katanya, ngapain pakai cadar kalau masih selfie di sosmed. Gosip. Bukankah itu contoh yang baik bagi wanita yang gemar selfie?

Umi Pipik, artis cantik Indonesia ini, memang sedang diterpa isu tak mengenakkan dalam beberapa Ladang Cerita. Foto Umi Pipik dengan Sunu yang tampak sangat mesra tersebar di dunia maya. Tetapi, keduanya membantah. Katanya itu fitnah. Ada juga yang mengabarkan Umi Pipik dan Sunu sudah nikah sirri. Istri Sunu menanggapi hal ini dengan curhatan puitis.

Namanya juga publik figure, sebagai seorang artis, apalagi artis op Indonesia, kehidupan pribadinya selalu menjadi sorotan publik, banyak muncul dalam berita artis. Itu sudah menjadi konsekwensi. Semoga keduanya bisa maklum. Memang, hidup sendiri itu rawan kena fitnah. Hidup berumah tangga itu lebih baik dari pada hidup sendiri. Tetapi, entah apa yang membuat mantan istri Ust. Jefri tersebut memilih menjanda.

Gosip: Motivasi Sholat di IG Sunumatta

gosip, berita selebritis, gosip terbaru, berita artis hari ini, berita artis, berita terkini artis, berita artis terbaru

Ladang Cerita. Kata-kata motivasi buat para pemuda muslim nih. Keren kata-katanya. Tidak sengaja buka-buka akun IG Sunumatta. Sebenarnya ingin cari gosip terbaru. Namanya muncul di Google Trend setelah diisukan menjalin hubungan mesra dengan Umi Pipik, mantan istri al-marhum Ust. Jefri. Katanya sih itu fitnah.

Kembali ke kata-kata motivasi tersebut. Akhir-akhir ini, artis memang sudah dijadikan media untuk menyampaikan ajaran agama, terutama artis Indonesia. Apa lagi Sunu digosipin dalam Ladang Cerita mengenai hubungan dengan Umi Pipik. Ide bagus, karena penggemar artis sangat banyak. Ulamak jaman dahulu pun juga ada yang memanfaatkan musik dalam berdakwah, contohnya Sunan Bonang. Tetapi, saya tidak menyamakan Sunan Bonang dengan artis.

Ada yang bilang, di akhir zaman, ajaran Islam mudah tersebar luas, tapi sedikit yang mengamalkan. Jika kabar ini benar, apa karena kurangnya keteladanan? Entahlah. Tetapi, semoga para pemuda muslim, terutama penggemar Sunu yang membaca tulisan tersebut menjadi termotivasi untuk sholat jamaah, bukan hanya subuh saja.


Kisah Nyata: HARBOLNAS, Hari Belanja Online Nasional

kisah inspirasi sukses, kisah nyata, kisah inspiratif

Kisah Nyata. Ternyata ada hari belanja online nasional. Tambah keren negara Indonesia nih, warganya sudah pada beralih ke pasar online. Lumayan, mengurangi macet. Kabarnya, pada hari belanja online nasional akan ada promo besar-besaran di toko online seperti Tokopedia, Bukalapak, elevania, Lazada, dll. Jangan lewatkan kesempatan bagus nih.

Pada tahun 2017 hari yang ditunggu-tunggu oleh para pelanggan e-commerce ini puncaknya akan jatuh pada tanggal 12 Desember 2017. Sudah dekat ya, sebulan lagi. Masih bisa menabung untuk belanja sebanyak-banyaknya.

Promo semacam ini bisa menarik minat orang yang tidak biasa belanja online jadi ingin belanja online. Apalagi sampai dijadikan hari nasional. Bisa mati nih pasar konvensional. Jadi ingat beberapa waktu lalu, mengenai jasa transportasi online. Untungnya belum ada hari ojek online nasional.

Bagi pembeli, belanja online memang terasa lebih mudah. Namun, keamanan juga yang perlu diperhatikan. Banyak yang tertipu ketika belanja online. Ada yang barangnya tidak dikirim, ada yang tidak sesuai yang dipromosikan, dll. Semoga kasus-kasus penipuan semacam ini bisa tertangani.

Gosip: Dewa 19 dan Perubahan Ahmad Dhani

Gosip. Mendengarkan lagu-lagu Ladang Cerita masih asyik seperti waktu baru kemunculannya. Lagu-lagunya memang tidak membosankan. Apalagi lagu-lagunya yang kental akan nuansa sufistik, kaya makna kebijaksanaan. Ingat Dewa 29, tentu ingat pentolannya: Ahmad Dhani atau Dhani Ahmad Prasetyo. Dia dijuluki musisi cerdas. Menurut saya dia artis top Indonesia.

Tetapi, sepertinya pentolan Dewa 19 ini sudah tidak seperti dulu lagi. Menurut saya sendiri, kepribadiannya sudah tidak sesuai dengan makna sufistik dalam lagu-lagunya. Baru-baru ini heboh di akun twitternya oleh komentar miring netizen. Banyak diberitakan memang dalam Ladang Cerita atau berita artis. Perhatikan screenshoot berikut.

gosip, berita selebritis, gosip terbaru, berita artis hari ini, berita artis, berita terkini artis, berita artis terbaru

Tweet Ahmad Dhani yang menggunakan Bahasa Inggris tersebut rupanya mendapat tanggapan miring dari para followernya.
artis top indonesia, berita artis hari ini, berita terkini artis, berita artis terbaru

Dulu dipuji-puji, sekarang dicaci. Begitulah hidup manusia. Dulu dianggap berlian, sekarang dianggap lebih menjijikkan dari kotoran hewan, sepertinya. Semoga jadi lebih baik kedepannya.

Kisah Nyata: Tersesat di Hutan Pemuda Ini Bisa Dengar Suara Adzan

Kisah, Kisah nabi adam, kisah malam pertama, kisah 25 nabi dan rasul, kisah nabi yusuf, kisah nabi muhammad, kisah inspiratif

Kisah Nyata. Tidak ada yang tidak mungkin jika Tuhan menghendaki. Nurahman, siswa SMK N 1 Mendawai, kecamatan Katingan Kuala, Kabupaten Katingan, Provinsi Kalimantan Tengah yang tersesat di hutan dekat kampungnya ini mengalami keanehan saat seminggu berada di hutan. ini Ladang Cerita. Katanya, dia bisa mendengar suara adzan selama di hutan meskipun terdengar sangat jauh. Bukankah di hutan tidak ada orang, tentunya juga tidak ada musholla atau masjid. Jika suara adzan tersebut datangnya dari masjid atau nusholla, tentunya dengan mudah dia bisa menemukan arah keluar dari hutan.

Selama di hutan, katanya, dia hanya minum air. Allah Maha Penolong. Pada hari Jumat Nurahman mendengar suara orang mencarinya dan menemukan parit di hutan itu.  Lalu Nurahman mengikuti parit itu hingga tembus ke perkampungan.

Allah Maha Penolong. Mungkin suara adzan itu sebagai penyemangat bahwa Sang Pencipta tidak membiarkannya.

Baca juga: Kisah Nyata: Orang Jepang Patuh, Polisi Tak Perlu Rasia

http://m.borneonews.co.id/berita/78776-ini-rahasia-nurahman-bisa-bertahan-hidup-di-hutan-selama-seminggu-sejak-dinyatakan-hilang

Kisah Nyata: Katanya Hitler Masuk Islam

Kisah, kisah inspiratif, kisah nyata

Kisah Nyata. Lihat screenshoot di atas. Nemu postingan tersebut di Facebook. Ada-ada saja ulah nanusia jaman sekarang. Tetapi, ada baiknya juga isu semacam itu. Ada yang bilang, dengan begitu, semakin banyak orang mendengar nama "Islam", bisa jadi akan penasaran untuk mempelajarinya.

Tetapi ada yang marah juga, katanya tidak ada bukti Ladang Cerita. Katanya dia bukan orang baik, tidak pantas seorang muslim seperti dia.

Ada juga yang menduga itu kerjaan pemburu traffic. Ingin dapat pengunjung banyak di website/blog nya. Apapun dilakukan untuk mencapai tujuannya.

Kisah Adolf Hitler mati di Indonesia berawal dari sebuah tulisan di Harian Pikiran Rakyat yang ditulis oleh dr Sosrohusodo pada tahun 1983. Memang kabar Hitler mati bunuh diri di sebuah bunker pada tanggal 30 April 1945 itu ternyata keliru. Pernah juga terbit buku berjudul Rahasia Yang Terkuak-Hitler Mati di Indonesia, ditulis oleh KGPH Soeryo Goeritno Msc.

Kematian Hitler masih misterius. Ada yang bilang ia mati di Brazil, Argentina, Amerika Selatan, termasuk salah satunya di Indonesia. Mungkin karena Indonesia berpenduduk mayoritas muslim, sehingga dikait-kaitkan dan menjadi isu Hitler masuk Islam. Entahlah, mana yang benar.


referensi
https://m.merdeka.com/peristiwa/ada-kapal-nazi-di-laut-jawa-benarkah-hitler-mati-di-indonesia.html

Kisah Nyata: Ya Tuhan, Pemuda Ini Paksa Ibunya Berhubungan Intim

Kisah, kisah inspiratif, kisah nyata

Ladang Cerita berusia 19 tahun ditangkap polisi karena memaksa ibunya berhubungan intim. Pemuda bermarga Jiang tersebut merasa tidak punya ikatan anak dan ibu karena memang sudah lama berpisah. Ibunya bercerai dengan ayahnya ketika ia masih balita dan ia pun tinggal di panti asuhan. Usia 16 tahun dia meninggalkan panti asuhan dan bekerja.

Ibunya yang menganggur meminta untuk tinggal bersamanya agar ada yang menanggung hidupnya. Tetapi ternyata, Jiang menganggap ibunya seperti wanita sepantarannya yang masih pantas untuk ia jadikan teman mesranya.

Tetapi, pada wartawan Jiang mengaku dipaksa ibunya.

Yang mana yang benar?

Jika boleh berpendapat, lebih masuk akal ibunya yang memaksa. Dia sudah lama hidup sendiri, dan karena usia, sudah tidak mudah cari pasangan. Anaknya masih muda, tentu banyak teman wanita.

Tetapi, belum ada yang tahu yang mana yang benar. Memang, segera menikah itu lebih baik.

sumber berita

Gosip: Ternyata Raffi Ahmad Merupakan Artis Terkaya

gosip, berita selebritis, gosip terbaru, berita artis hari ini, berita artis, berita terkini artis, berita artis terbaru

Ladang Cerita. Berdasarkan berita selebritis artis terkaya di Indonesia itu ternyata Raffi Ahmad. Luar biasa. Katanya tahun 2017 ini ditaksir senilai 32 Miliar. Angka yang cukup besar. Usia masih muda, harta sudah selangit. Banyak orang bilang, kerjanya hanya hura-hura, dapatnya segitu. Hehe... Rezeki itu Tuhan yang ngatur.

Ada yang bilang, tidak adil, yang kerjanya serius, bayarannya sedikit. Begitu kata orang yang suka ngikuti Ladang Cerita. Kebijakan pemerintah yang disalahkan. Katanya tidak tepat.

Tetapi tidak seperti yang mereka duga. Ternyata Raffi juga menjalankan beberapa bisnis. Dia sadar kalau jadi artis saja tidak menjamin masa depannya, meskipun menurut gosip atau berita-berita artis pendapatannya 200 juta per hari. Keren. Ternyata Raffi bukan artis yang digosipin hubungan asmaranya saja, artis yang inspiratif. Berikut ini bisnis-bisnis yang dijalankan Raffi Ahmad:
  1. Bisnis properti
  2. Bisnis pakaian
  3. Bisnis parfum
  4. Bisnis kuliner
  5. Bisnis furniture
  6. Bisnis otomotif
Wah, banyak juga ya. Ternyata Raffi sudah memperhitungkan dan merencanakan dengan baik masa depan diri dan keluarganya.

Baca juga Nasehat Buat yang Ingin Memulai Bisnis

sumber berita artis terbaru

Kisah Nyata: Kasir Alfamart Salah Ketik Nominal Uang

Kisah, kisah inspiratif, kisah nyata

Kisah Nyata. Baru saja belanja di Alfamart. Tidak seperti biasanya, kasirnya terasa lamban melayani pelanggan sebelum saya. Saya ngasih uang 50.000, dia tanya uang 300. Saya bilang adanya 1000. Akhirnya ia pun mau.

"Uangnya 50.000 ya," katanya.

Awalnya saya jawab iya, tapi saya ingatkan kalau saya ngasih 51.000. Sepertinya dia melakukan kesalahan pencet-pencet komputer kasir.

Akhirnya selesai. Saya pun pulang.

Sampai kamar saya cek notanya. Eh, ternyata tertulis 101.000. Sepertinya mas kasirnya sudah ngantuk.


Mungkin karena dia sendirian juga, sehingga grogi melayani pelanggan. Kerja dengan kondisi capek atau ngantuk memang tidak efektif.

Kisah Nyata: Promo Makan Gratis Untuk Ibu Hamil

Kisah, kisah inspiratif, kisah nyata

Tidak sengaja tadi hujan-hujan mampir di emperan toko di jalan Sumatra, Jember. Eh, ternyata di sebelah ada tulisan promosi di depan warung makan. Kreatif idenya. Promosi makan gratis untuk ibu hamil. Tetapi, kalau baru hamil sebulan, sulit juga deteksinya. Ibu hamilnya pun juga enggan untuk ngaku.

Tetapi, keren idenya. Bisa-bisa jadi viral di sosial media warungnya.

Cara ini lebih baik dibanding warung yang pernah saya temui di kota lain. Di dindingnya ditulisi, "Besok makan gratis". Begitu kurang lebih kalimatnya. Jika besoknya tulisannya tidak dihapus, sama saja dengan bohong.

Kisah Nyata: Komplain Di Tokopedia Ternyata Lolos Juga Sellernya

Kisah, kisah inspiratif, kisah nyata

Kisah Nyata. Beli lensa untuk kamera tambahan untuk HP di tokopedia. Katanya jangkauannya 200 meteran. Ternyata, setelah datang barangnya, malah nutupi lensa kamera HP. Lensa tambahannya tidak berfungsi, tidak membesar, tidak mengecil, tidak bisa zoom.

Akhirnya tak komplain ke tokopedia. Tetapi, karena sibuk, tak biarkan. Mungkin karena kelamaan, ternyata diaprove sama tokopedia. Untung deh sellernya.


Kisah Nyata: SMS Hadiah 60 Juta Dari 99220

Kisah, kisah inspiratif, kisah nyata

Dapat sms dari nomor 99220 bahwa saya mendapat hadiah 60 juta. Di SMS-nya disebutkan situs Axis. Hebat. Bagi orang awam, SMS seperti ini meyakinkan sekali. Tetapi, sayang sekali, pihak Axis tidak bisa menghentikan SMS penipuan seperti ini.

Padahal, jika terus dibiarkan, mungkin saja ada kecurigaan pelanggan kalau penipunya kerja sama dengan pihak Axis.

Kisah Nyata: Disambut Canda Oleh Pak Polisi

Kisah Nyata. Tadi ke kantor Polsek Sembersari, Jember, Jawa Timur ngurus surat kehilangan. Awalnya disuruh nunggu di luar. Kemudian disuruh masuk sama Pak Polisi berbadan besar dan disuruh duduk. Beliau megang alat suntik printer. "Mari duduk, mas," katanya sambil megang tangan saya, seperti mau nyuntik.

"Ini apa-apaan kok kayak Pak Mantri," kata ibu-ibu yang duduk di ruang itu.

Hehe...

Kisah, kisah inspiratif, kisah nyata

Pekerjaan polisi ini biasanya identik dengan hal-hal yang menakutkan seperti mengurusi kasus kriminal: pembunuhan, perampokan, penculikan, dan sebagainya.

Tetapi ternyata, ramah juga. Mungkin karena pekerjaan yang ini merupakan tugas pelayanan, melayani masyarakat.

Gosip: Inul Ingin Coba Operasi Plastik

Gosip. Ada-ada saja. Membaca berita selebritis di detiknews. Sudah cantik, masih ingin operasi plastik. Yah, namanya juga artis. Hidupnya memang jadi tontonan orang. Semakin indah penampilannya, semakin senang penontonnya.
gosip, berita selebritis, gosip terbaru, berita artis hari ini, berita artis, berita terkini artis, berita artis terbaru



Lihat fotonya, cantik kan?

Mirip bintang film Korea ya. Inul tertarik untuk mencoba salon kecantikan Korea. Mungkin ingin menyaingi artis korea. Inul ingin mencoba operasi plastik setelah berusia 50 tahun. Katanya biar suaminya tambah sayang. Keren. Istri teladan nih. Biasanya yang dilakukan oleh artis itu ingin ditiru oleh penggemarnya. Inspiratif sekali Mbak Inul nih.

Bermacam cara orang untuk bahagia. Ada yang ngumpulin uang sebanyak-banyaknya: kerja siang malam. Ada yang menghabiskan uang untuk jalan-jalan. Ada juga yang hobinya membaca gosip terbaru atau berita artis terbaru. Ada yang dengan membahagiakan keluarga, seperti yang dilakukan Inul ini. Demi untuk membuat suami senang, sampai mau operasi plastik. Itu demi kebahagiaan keluarga.

Begitu juga untuk membahagiakan pasangan. Ada yang hanya dengan menghidangkan makanan kesukaannya. Ada yang hanya dengan menyiapkan dasi sebelum berangkat ke kantor. Ada juga yang dengan menawarinya kawin lagi.

Begitulah manusia.

Sumber berita artis hari ini

Kisah Nyata: Nasihat Buat yang Ingin Memulai Bisnis

Kisah, kisah inspiratif, kisah nyata

Banyak orang mengimpikan ingin jadi pengusaha. Katanya pengusaha itu bebas dan merdeka hidupnya. Pengusaha itu bisa menentukan sendiri ingin penghasilan berapa. Pengusaha itu bos, bisa seenaknya. Pengusaha tidak ada yang mengatur, tidak tertekan.

Benarkah seperti itu?

Tak sedikit pemuda yang enggan kuliah, atau mahasiswa yang ingin DO saja berhenti kuliah, karena kabarnya banyak pengusaha yang sukses setelah DO kuliah.

Coba perhatikan nasehat Mohammad Nadjikh di atas. Pengusaha harus tahu jalan dan apa yang akan dilakukan. Apa maksudnya? Apa cukup modal nekad sok tahu jalan?

Pebisnis memang bos, tapi apakah bos tidak butuh anak buah, tidak butuh pelanggan, tidak butuh relasi? Jika butuh, apakah boleh berbuat semaunya kepada mereka?

Salah satu mantan bos saya cerita. Dia sukses menjadi marketing di ibu kota. Kemudian dia mencoba buka cabang di Jawa Timur hanya dengan melakukan survey sesaat. Alhasil, kurang lebih empat bulan usahanya tutup.

Waktu saya kerja di tambak udang dulu, bosnya keras sekali. Kata teman-teman seperti tuan takur. Suatu ketika beliau lihat udangnya di geladak bambu di atas kolam. Anak buahnya wajib membuntuti. Nah, saat itulah, ada rekan yang nekad mendorong beliau. Untungnya tidak sampai terluka.

Tetapi, tidak perlu takut untuk memulai bisnis. Mulai saja jalankan usaha sambil banyak sharing. Jangan bosan belajar.

sumber Gambar
https://bisnisukm.com/kata-motivasi-dari-pengusaha-yang-sukses-dari-nol.html

Kisah Nyata: Pemimpin Yang Lebih Siaga Dari Sang Pengawal

Kisah, Kisah nabi adam, kisah malam pertama, kisah 25 nabi dan rasul, kisah nabi yusuf, kisah nabi muhammad, kisah inspiratif

Kisah Nyata. Membaca kisah Sa'ad ibn Abi Waqqash saat berjaga di kediaman Rasulullah saw. Atas inisiatif sendiri Sa'ad berjaga di kediaman Rasulullah saw karena keadaan mencekam menjelang kedatangan pasukan Ahzab ke Madinah.

Tiba-tiba Rasulullah saw. bersabda dengan suara agak dikeraskan, "Adakah lelaki shalih yang malam ini sudi menjaga kami?"

Saad menjawab, "Labbaika yaa Rasulallah! Di sini Sa'ad ibn Abi Waqqash berjaga untukmu!" Rasulullah keluar sejenak menemui Sa'ad, lalu masuk lagi setelah memberi nasehat dan arahan.

Tiba-tiba terdengar suara gemuruh di kejauhan. Sa'ad mengira itu pasukan musuh yang akan menyerang Madinah. Ia bergegas menacu kudanya menuju datangnya suara Itu.

Di tengah perjalanan, di kegelapan, ia melihat seorang lelaki menunggang kuda dari arah berlawanan. Sa'ad segera menyiapkan busur panah. Tetapi ternyata lelaki itu adalah Rasulullah saw. yang sudah mendahului Sa'ad memeriksa suara nenderu itu. "Tenangkan dirimu, hai Sa'ad, aku sudah memeriksanya. Dan itu hanya suara angin gurun."

Teladan yang luar biasa.

Pertanyaan Rasulullah tentang lelaki shalih yang sudi menjaga beliau, rupanya bukan Rasulullah bermaksud mencari aman. Ternyata beliau tidak enak-enakan tidur karena sudah ada yang menjaga. Tetapi tanggung jawab sebagai pemimpin tetap dilaksanakannya.

Kisah Nyata: Jangan Charge HP Sampai Full 100%

Kisah, kisah inspiratif, kisah nyata

Untuk membantu aktivitas online, smartphone dengan daya batere yang besar cukup membantu. Luar biasa, online seharian tanpa perlu charge hp.

Tetapi, perawatan batere juga perlu diperhatikan agar awet. Dulu ada isu agar batere awet, katanya, saat baru beli dicharge selama 3 atau 4 jam. Setelah itu charge nya harus setelah tinggal sedikit dayanya dan dicharge sampai full.

Ternyata, setelah bergabung di komunitas online, banyak sharing, batere itu akan awet kalau segera dicharge ulang kalau sudah kurang dari 50% dan dicarge cukup sampai 80% saja. Charge full cukup sebulan sekali saja.

sumber:
https://www.google.com/amp/www.techadvisor.co.uk/how-to/mobile-phone/how-properly-charge-phone-battery-3619623/%3famp

Kisah Nyata: Rasulullah saw Ditegur Allah Atas Kekeliruannya

Kisah Nyata. Kisah ini terjadi ketika Rasulullah saw sedang menyampaikan ajaran Islam kepada pembesar kaum Quraisy, tiba-tiba ada orang buta mendekati beliau, meminta Rasulullah saw mengajarkan tentang Islam kepadanya.

Ada yang mengatakan Rasulullah marah, tidak menghiraukannya. Itu wajar karena beliau sedang menghadapi para pembesar kaum Quraisy. Orang buta tersebut berkata, "Apakah yang saya katakan ini mengganggu tuan?" Rasulullah menjawab, "Tidak". Orang buta tersebut bernama Abdullah Ibnu Ummi Maktum. (Dalam hadits riwayat at-Tirmidzi dan al-Hakim yang bersumber dari Aisyah. Diriwayatkan juga oleh Ibnu Ya'la yang bersumber dari Anas).

Sebagai teguran dari Allah SWT terhadap sikap Rasulullah tersebut, surat 'Abasa ayat 1-10 ini turun. Berikut ayatnya.

Kisah, Kisah nabi adam, kisah malam pertama, kisah 25 nabi dan rasul, kisah nabi yusuf, kisah nabi muhammad, kisah inspiratif

Rasulullah saw segera memohon ampunan kepada Allah swt. atas kesalahannya dan mengajarkan Islam kepada Abdullah Ibnu Ummi Maktum.

Ada pelajaran yang luar biasa pada kejadian ini. Sebagai seorang Nabi, semestinya malu karena berbuat salah. Jika yang mengalami hal ini adalah seorang raja atau seorang pemimpin, bisa jadi ayat tersebut tidak disampaikan. Tetapi Rasulullah saw, sang teladan tetap menyampaikan ayat tersebut kepada kita semua. Sehingga kita menjadi tahu bahwa seorang Nabi juga berbuat kesalahan.

Kisah Nyata: Cara Atasi Dasboard Blogger Tidak Bisa Dibuka di UC Browser

Ini pengalaman pertama blogging di hp, tiba-tiba tadi pagi tidak bisa buka dasboard blogger untuk posting artikel. Padahal sudah target posting 5 artikel per hari dengan alat smartpgone dengan batere 5000 mAh.

Bingung deh, tapi coba cari-cari tutorial. Akhirnya nemu juga. Berikut caranya.
Kisah, kisah inspiratif, kisah nyata

Buka seting UC Browser (gambar gear), terus klik Browsing setting seperti gambar di atas. Kemudian lihat gambar di bawah ini.

Kisah, kisah inspiratif, kisah nyata

Klik yang dilingkari merah itu. Kemudian akan muncul seperti gambar di bawah.
Kisah, kisah inspiratif, kisah nyata

Kemudian klik "google", lalu pilih "mobile" atau "dekstop", tapi kalau pilih "dekstop", tampilannya akan lebar.

Setelah itu, coba browsing buka blogger.com. Awalnya saya gagal, tapi kedua kalinya berhasil



Kisah Nyata: Tidak Enaknya Jadi Pegawai

Kisah, kisah inspiratif, kisah nyata

Kisah Nyata. Ada yang bilang, mencari kerja itu lebih melelahkan daripada orang yang bekerja menguras tenaga. Tetapi, namanya manusia, selalu ingin lebih. Ketika sudah bekerja, ia akan mencari pekerjaan yang lebih enak.

Tidak sedikit yang berusaha pensiun dini. Katanya, jadi pegawai tidak enak:
  • Tidak bebas
  • Tidak bisa menghasilkan uang lebih banyak
  • Tertekan
  • Terikat peraturan
Berbeda dengan pebisnis, hidupnya merdeka, katanya. Tetapi, sebenarnya tidak juga. Pebisnis kalau seenaknya jalankan bisnis, bisa ditinggal konsuman dan relasinya. Bangkrut juga akhirnya.

Kisah Nyata: Belajar Dari Sepotong Kisah Bob Sadino

Kisah, kisah inspiratif, kisah nyata


Kisah Nyata. Memutuskan untuk menjadi pengusaha itu bukan perkara mudah. Tidak banyak orang yang berani. Menjadi pegawai merupakan kehidupan yang terjamin, tidak khawatir besok dapat uang atau tidak, gaji bulanan pasti didapatkan. Sangat berbeda dengan menjadi pengusaha, rasa khawatir tentu menghantui, khawatir gagal, khawatir mengalami kerugian, atau bangkrut selalu datang menghantui. Harus pandai-pandai kelola emosi.


Ada yang tidak seketika memutuskan berhenti jadi pegawai, melainkan menabung dulu untuk bekal hidup setahun atau dua tahun tanpa gaji. Ada juga yang nekad dengan pinjam uang yang banyak.


Berikut lanjutan kisah Om Bob


Cerita Hikmah, Flash True Story, Kisah Nyata, Kisah Teladan, Real Story


Nah, itulah jalan yang dilalui pengusaha: tidak mulus. Untung dan rugi seperti tikungan ke kanan dan ke kiri, atau tanjakan dan turunan. Seorang pengusaha harus membiasakan lewati jalan yang demikian.


Namun bukan berarti kegagalan lebih besar kemungkinannya, Om Bob akhirnya mempunyai supermarket ternama yang menjual berbagai produk.

 

Kisah Nyata: Motivasi Pak Jusuf Kallah Untuk Santri

Kisah, Kisah nabi adam, kisah malam pertama, kisah 25 nabi dan rasul, kisah nabi yusuf, kisah nabi muhammad, kisah inspiratif

Kisah Nyata. Angka yang cukup tinggi, sebanyak 1 juta sarjana baru. Jika semua ingin menjadi PNS, sedangkan yang akan diterima hanya 50.000 orang, kemana sisanya? Motivasi yang luar biasa oleh Pak JK kepada para santri agar tidak terlalu berharap menjadi PNS. Santri memang sudah dilatih berserah dan pasrah pada Yang Maha Esa, mereka sudah terbentuk mindset-nya bahwa rizki itu dari Allah, tidak harus dari gaji PNS.

Tetapi, perlu juga diperhatikan, para santri butuh perhatian pemerintah, terutama yang belajar di pesantren tradisional. Mereka perlu dibekali keterampilan-keterampilan yang bermanfaat bagi kehidupan masa depan mereka. Biasanya, santri di pesantren tradisional hanya belajar ilmu agama (ilmu cara ibadah). Sehingga, banyak dari mereka ketika sudah keluar dari pesantren menjadi kuli, padahal mereka bisa menjadi pengusaha atau pekerja mandiri.

Lebih parah lagi, tak sedikit dari mereka yang enggan bekerja: tidak mau jadi kuli, enggan untuk berdagang, jadi pegawai juga sulit. Kebanyakan dari mereka merasa malu. Bahkan ada yang cerita pada saya, untuk masuk ke minimarket saja malu. Katanya, selama di pesantren mereka memang tidak pernah bersentuhan dengan aktivitas di luar pesantren sehingga banyak tidak tahu hal-hal di luar pesantren.

Sekarang banyak pesantren yang juga mendirikan sekolah formal, tapi konsep pembelaarannya sama saja dengan sekolah pada umumnya. Sehingga mereka tetap mengandalkan ijazahnya untuk mendaftar jadi pegawai. Alangkah baiknya jika sekolah di pesantren dibuat beda, programnya seharusnya mendidik santri menjadi pengusaha mandiri.

Baca juga Tidak Enaknya Jadi Pegawai

Kisah Nyata: Uang atau Kebahagiaan?

Kisah, Kisah nabi adam, kisah malam pertama, kisah 25 nabi dan rasul, kisah nabi yusuf, kisah nabi muhammad, kisah inspiratif

Kisah Nyata. Mana yang lebih dibutuhkan, uang atau kebahagiaan? Tentu keduanya sama-sama dibutuhkan. Tetapi, pada kenyataannya tidak semua orang bisa merasakannya.

Ada yang merasa mendapat bayaran lebih dari kebutuhan, tetapi dia berusaha mencari pekerjaan lain atau buka usaha sendiri. Alasannya, jam kerja terlalu panjang, ada yang karena kerjanya terlalu berat, ada yang karena tinggal di tempat yang menurut dia tudak layak (di pertambangan). Jika menghabiskan waktu hanya untuk bekerja, katanya, itu sama dengan mesin uang: bisa menghasilkan banyak uang, tapi tidak bisa menikmatinya.
Banyak cerita dalam video tersebut tentang bagaimana orang-orang China hidup di Mesir. Yang ingin saya sampaikan ialah cerita perbedaan kebiasaan bangsa Arab Mesir dan orang-orang China yang tinggal dan mencari nafkah di sana.


Orang China terbiasa bekerja keras, hidupnya untuk bekerja: kerja, kerja, dan kerja. Sangat berbeda dengan orang Arab Mesir, pagi kerja, kalau sudah merasa mendapatkan cukup uang, mereka istirahat, nongkrong menikmati waktu senggang. Orang China mendapatkan banyak uang, sedangkan orang Arab bisa menikmati hidupnya.


Ada juga orang yang memilih berdagang selama beberapa bulan, lalu beberapa bulan berikutnya bersantai atau menikmati hasil jerih payahnya. Bagaimana dengan anda?


Kisah Nyata: Penemuan Padi Raksasa di China

Kisah, Kisah nabi adam, kisah malam pertama, kisah 25 nabi dan rasul, kisah nabi yusuf, kisah nabi muhammad, kisah inspiratif


Kisah Nyata. Membaca berita di Serambinews.com tentang penemuan padi raksasa di China, jadi ingat hadith Rasulullah saw. Beliau bersabda, sebaik-baik manusia adalah yang bermanfaat bagi sesama.

Berdasarkan berita di atas, para ilmuan menghabiskan waktu 10 tahun hingga menghasilkan padi raksasa tersebut. Sebenarnya di Indonesia dulu sudah ada, tapi umurnya 6 bulan. Bagi banyak orang, terlalu lama.

Tetapi berbeda dengan yang di China. Usaha keras para ilmuan ini menjadi solusi untuk memenuhi kebutuhan masyarakat China.
Cerita Hikmah, Flash True Story, Kisah Nyata, Real Story

Cukup lumayan kan produksi padi raksasa ini.

Orang berilmu itu memang beragam tingkahnya. Ada yang suka berdebat dengan sesa ilmuan: adu ilmu, ada yang suka pamer ilmu dan kebolehannya, ada yang suka membodohi mereka yang tidak berilmu, ada yang gemar menolong orang lain, suka mencarikan solusi atas masalah yang dihadapi orang lain.

Semoga semakin banyak orang yang bermanfaat bagi orang lain.

Baca juga: Uang atau Kebahagiaan

kisah Nyata: Kenangan Bersama Buku Penelitian

Kisah, kisah inspiratif, kisah nyata

Kisah Nyata. Ada dua buku yang saya lingkari. Setiap masuk ruang ini, dua buku itu sering memancing mata untuk melihat. Yaaa, ada kenangan yang mungkin hampir semua mantan mahasiswa merasakan saat mengerjakan skripsi. Pusing ya?

Buku Prosedur Penelitian memang tidak sama dengan Novel. Tiap kali melihatnya, yang diingat kerumitan. Yaaa, kalau dipikir, buku prosedur penelitian itu penting, banyak manfaatnya juga. Tetapi, kalau masih berstatus mahasiswa, mikir-mikir mau melakukan penelitian yang benar-benar sungguhan/serius, mikir keuangan juga, masih minta orang tua.

Memang, buku Prosedur Penelitian bukan hanya untuk dibaca. Ini bukan novel yang kalau dibaca menyenangkan, tetapi buku prosedur penelitian dibaca untuk melakukan penelitian, bukan untuk dinikmati. Penelitiannya itu yang penting. Semakin sering meneliti, semakin cermat dan akurat hasilnya. Sayangnya, kuliah S1 itu hanya di akhir itu saja penelitiannya, di semester awal belum boleh, harus ikut kuliah penelitian dulu.

Semenjak skripsiku selesai, buku tersebut, seingat saya, tidak pernah saya baca lagi.


Kisah Nyata: Enaknya Punya Asus Zenfone 4 Max Pro

Kisah, kisah inspiratif, kisah nyata

Laptop dan HP memang menjadi sahabat yang cukup membantu aktivitas online karena bisa dibawa kemana-mana. Namun ketahanan daya batre sering menjadi masalah. Ada yang cuma bertahan 1 jam saja. Jadi, jika sering di luar, perlu bawa beberapa batre atau hp: hehe... Solusinya adalah membawa powerbank. Tetapi kebanyakan powerbank hanya bisa mengisi batere 2 kali.

Asus Zenfone 4 Max dengan batere 5000 mAh telah hadir sebagai solusi. Aktivitas online menjadi cukup lancar, tidak perlu khawatir daya batere habis. HP ini mampu bertahan digunakan online mulai pagi hingga malam. Luar biasa, kan.

Sekarang saya bisa ngeblog menggunakan hp ini dimanapun dan kapanpun. Kameranya pun cukup lumayan. Memang kameranya, banyak yang bilang, biasa. Tidak begitu bagus. Dan layarnya juga belum FHD.

Tetapi, Asus Zenfone 4 Max cukup lah buat bisnis online.

Kisah Nyata: Berusaha Tetap Membaca Meskipun Sibuk

Kisah, kisah inspiratif, kisah nyata

Kisah Nyata. Membaca itu merupakan kegiatan yang bermanfaat. Katanya, semakin banyak membaca, IQ akan meningkat. Nah, luar biasa kan.

Tetapi, memang, rasa bosan saat membaca sering datang saat membaca dan menjadi malas untuk terus membaca. Kita perlu nengenali diri, bagaimana cara mengatasi bosan dan malas.

Cara saya untuk mengatasi bosan yaitu dengan membaca lebih dari satu buku. Lihat tu gambar di atas. Tetapi, kalau pas lagi sibuk banget, wah, butuh perjuangan keras untuk menyempatkan membaca.

Baca juga: Buku Novel Ayat-Ayat Cinta 2 Dijelekkan

Buku: Novel Ayat-Ayat Cinta 2 Dijelekkan

Kisah, kisah inspiratif, kisah nyata


Kisah Nyata. Banyak yang bilang novel Ayat-ayat Cinta karya Habiburrahman El Shirazy ini tidak bagus ceritanya, bahkan ada yang bilang seri 2 ini dijadikan bisnis, maksudnya ditulis hanya untuk kepentingan bisnis.


Katanya ceritanya terlalu dibuat-buat. Tokohnya terlalu sempurna dan terkesan kurang alami. Untuk seri 2 ini kemunculannya mendadak, katanya begitu.


Tetapi, menurut saya, itu pandangan orang-orang yang paham tentang tulis-menulis. Sementara bagi penikmat, termasuk saya, novel ini kaya motivasi dan inspirasi baik. Kepribadian si Fahri cukup menarik untuk ditiru. Membaca novel ini jadi ingin seperti dia. Luar biasa kepribadiannya.


Mungkin sekarang memang tidak ada orang sesempurna si Fahri, tapi jika cerita dalam novel ini mampu memotivasi kaum muda yang membacanya, luar biasa, akan banyak orang-orang sehebat Fahri. Novel ini menyadarkan kita orang Indonesia, bahwa barat tak selalu lebih unggul dari kita.


Kisah Nyata: Belajar Dari Kisah Tragis Mahasiswi Sastra Inggris Ini

Kisah, kisah inspiratif, kisah nyata
Kisah Nyata. Dari awal ceritanya memang sudah menyedihkan. Semoga dijauhkan dari anak atau adik perempuan yang demikian. Mengingat dia seorang muslim dan anak tokoh agama juga. Ada ajaran yang menurut saya memang keliru, sekalipun seorang bergelar kyai atau usadz yang menyampaikan. Di kampung dulu bukan sekali dan bukan hanya seorang yang mengatakan, "Tak perlu mendalami ilmu agama. Yang penting bisa sholat dan bisa ngaji," bisa ngaji yang dimaksud adalah bisa baca al-Quran tanpa harus tahu maknanya.

Saya tidak sepakat dengan pendapat tersebut. Memang kita tidak perlu mempelajari semua mata pelajaran yang diajarkan di lembaga pendidikan islam, tapi ada ilmu yang wajib dipelaari olehh setiap umat islam.

Wanita itu tidak boleh berduaan dengan seorang laki-laki yang bukan muhrim di tempat sepi. Ini dilarang dalam islam. Ini bukan ajaran kolot. Allah yang membuat aturan ini lebih tahu dari hamba-Nya.

Kembali pada cerita mahasiswi sastra inggris tersebut. Karena butuh pinjaman uang, mau saja diajak ke kamar berduaan oleh om-om yang sudah punya anak dan istri. Dia mau karena mengira dia orang baik dan tidak mungkin berbuat jahat. Nah... dia merasa lebih tahu dari Allah swt. Dan... apa yang terjadi, kejahatan tidak bisa ia hindari.

Sudah berapa banyak mahasiswi yang mengalami hal serupa. Waktu saya masih hidup di kampus pun kejadian serupa tidak sedikit, sekalipun itu kampus islam.

Kesalahan berikutnya, dia terlalu percaya diri, merasa mampu berjuang sendiri. Karena ekonomi orang tua merosot, ia pun berusaha tidak menyusahkan orang tua. Padahal, kuliah sastra inggris itu bukan kewajiban dari Allah, bukan fardu 'ain. Semestinya bilang saja sama orang tua, atau cuti dulu kuliahnya. Bukan jadi pahlawan jika berjuang dengan cara yang haram. Itu sama saja dengann jadi pengecut.

Tetpi dia sangat beruntung. Mahasiswi lain tidak sedikit yang menghadapi maut sebelum sempat bertobat. Tetapi Allah swt. Maha Pengasih, Dia Maha Pemaaf. Mahasiswi tersebut masih diberi kesempatan untuk bertobat dan memperbaiki hidupnya.

Alangkah baiknya jika menyibukkan diri dengan kegiatan-kegiatan positif yang jauh dari kemaksiatan. Setan itu cerdas dan menjadi musuh yang nyata, sebaiknya, jauhilah sejauh-jauhnya. Berkumpullah dengan orang-orang yang banyak beribadah dan sibuk dengan amal kebaikan.

Kita doakan semoga dia khusnul khotimah, dan tidak ada lagi mahasiswi yang mengalami hal serupa. baca kisah aslinya di sini

Kisah Nyata: Hidangan Yang Tak Kunjung Habis

Kisah, Kisah nabi adam, kisah malam pertama, kisah 25 nabi dan rasul, kisah nabi yusuf, kisah nabi muhammad, kisah inspiratif

Kisah yang pertama dari padang pasir, di rumah wanita gurun yang biasa menjamu setiap musafir yang singgah untuk istirahat. Rasulullah saw. bersama Abu bakar, Amir Ibn Fuhairah, dan sang penunjuk jalan, Abdullah ibn al-Urayqath sedang melintasi guruntersebut. Mereka hendak ke Madinah usai bersembunyi di Gua Tsur. Terlihat oleh mereka dua buah kemah berdiri di sebuah sisi ruas jalan.

Ummu M'bad menyambut mereka dengan ramah meski tak kenal siapa dan dari mana mereka. Tetapi ketika rombongan hendak membeli kurma atau daging, ia bilang tidak ada. Pada tahun tersebut memang sedang masa paceklik. Semua orang kesulitan.

Rasulullah saw. tiba-tiba melihat seekor kibas kurus kerempeng di samping kemah, "Kibas ini kenapa, Ummu Ma'bad?"

"Itu kibas kami yang ketinggalan dari kambing-kambing lain karena kelelahan. Tubuhnya lemah tak kuat berjalan."

"Ada susunya?"

Ummu Ma'bad terkejut, "Kalau dia beranak, mungkin tidak akan kelelahan begitu. Kibas itu mandul."

Ia mengira lawan bicaranya tak mendengar apa yang dikatakannya.

"Boleh kuperah kibas itu, Ummu Ma'bad?"

Ummu Ma'bad kaget dan hampir berkata-kata yang tidak patut, tapi mulutnya tertahan oleh wibawa Nabi. "Demi ayahku, engkau, dan ibuku, kalau memang kaulihat ada susunya, perahlah!"

Nabi lalu mengusap susunya, menyebut nama Allah, dan berdoa. Tiba-tiba kedua kaki kibas itu meregang, susunya mengencang penuh dan siap diperah.

Nabi meminta bejana. Diberinya beliau bejana besar. Kibas diperah, susunya mengucur tumpah. Bejana besar itu pun penuh hingga busanya membuncah-buncah. Nabi menyerahkan bejana penuh susu tersebut kepada Ummu ma'bad. Dia terheran-heran oleh apa yang dilihatnya. Diangkatnya bejana itu dan diminum susunya hingga ia puas. Belum pernah ia minum susu selezat itu. Kemudian bejana itu diserahkan kepada yang lainnya dan berakhir di tangan Nabi.

Nabi kembali memerah lagi hingga bejana tersebut penuh susu sebanyak yang tadi. Susu tersebut beliau tinggal sebagai hadiah untuk Ummu ma'bad. Lalu beliau bersama rombongan melanjutkan perjalanan menuju Madinah. Ummu Ma'bad ternganga keheranan oleh yang terjadi. Ia tak tahu siapa tamu yang baru saja ia jamu.

Dari kisah ini, ada pelajaran berharga. Kita tak perlu khawatir dengan rizki Allah. Jika hendak mendirikan usaha, dirikanlah sebagai sumber dan jalan rizki. Seekor kibas kurus yang mandul pun bisa mengeluarkan susu sebanyak itu. Usaha dan doa jadikan senjata. Allah tidak menyia-nyiakan usaha hamba-Nya dan Allah mengabulkan doa hamba-Nya.

Cerita yang kedua terjadi di Rumah Jabir Ibn Abdullah al-Anshari.
Jabir Radhiyallahu anhu bercerita, “Ketika kami menggali parit pada peristiwa khandaq, sebongkah batu yang sangat keras menghalangi kami, lalu para sahabat menemui Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam seraya mengatakan, ‘Batu yang sangat keras ini menghalangi kami menggali parit,’ Lalu beliau Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Aku sendiri yang akan turun.” Kemudian beliau berdiri (dalam parit), sementara perut beliau diganjal dengan batu (karena lapar). Tiga hari (terakhir) kami (para shahabat) belum merasakan makanan, lalu Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam mengambil kampak dan memukul batu tersebut hingga pecah berkeping-keping.

Lalu aku berkata, “Wahai Rasûlullâh, izinkanlah aku pulang ke rumah.” Rasulullah mengijinkan. Sesampaiku di rumah, aku bercerita kepada isteriku, “Aku tidak tega melihat kondisi Rasûlullâh Shallallahu ‘alaihi wa sallam , apakah kamu memiliki sesuatu (makanan) ?”

Isteriku menjawab, “Aku memiliki gandum dan anak kambing.”

Kemudian ia meyembelih anak kambing tersebut dan membuat adonan gandum hingga menjadi makanan dalam tungku. Ketika adonan makanan tersebut hampir matang dalam bejana yang masih di atas tungku, aku menemui Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam dan aku berkata, “Wahai Rasûlullâh, aku memiliki sedikit makanan. Datanglah ke rumahku dan ajaklah satu atau dua orang saja.”

Beliau Shallallahu ‘alaihi wa sallam bertanya, “Untuk berapa orang ?”

Lalu aku beritahukan kepada beliau. Beliau bersabda, “lebih banyak yang datang lebih baik.” Beliau Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda lagi, “Katakan kepada isterimu, jangan ia angkat bejananya dan adonan roti dari tungku api sampai aku datang.”

Setelah itu beliau Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Bangunlah kalian semua.” Kaum Muhâjirin dan Anshâr yang mendengar perintah beliau Shallallahu ‘alaihi wa sallam itu langsung berdiri dan berangkat.
Jabir Radhiyallahu anhu menemui isterinya (dengan cemas), dia mengatakan, “Celaka, Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam datang bersama kaum Muhâjirîn dan Anshâr serta orang-orang yang bersama mereka.”

Isteri Jabir bertanya, “Apa beliau Shallallahu ‘alaihi wa sallam telah bertanya (tentang jumlah makanan kita) ?”

Jâbir menjawab, “Ya. ”

Lalu Rasûlullâh Shallallahu ‘alaihi wa sallam berkata, “Masuklah dan jangan berdesak-desakan.” Kemudian Rasûlullâh mencuil-cuil roti dan ia tambahkan dengan daging, dan ia tutup bejana dan tungku api.

Selanjutnya beliau Shallallahu ‘alaihi wa sallam mengambilnya dan mendekatkannya kepada para sahabatnya. Lantas beliau mengambil kembali bejana itu dan terus-menerus beliau lakukan itu hingga semua sahabat merasa kenyang dan makanan masih tersisa. Setelah itu beliau Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda (kepada istri Jabir Radhiyallahu anhu), “Sekarang kamu makanlah ! Dan hadiahkanlah kepada orang lain, karena masih banyak orang yang kelaparan.”

HR. Bukhari, no.(Fathul Bâri, ta’liq Syekh bin Baz, Bâb Ghazwatil Khandaq, 7/395)
Di rumah ibu susuan, Halimah Sa'diyah, Keberadaan Rasulullah saw. membawa berkah bagi keluarga Haliamh Sa'diyah. Awalnya mereka hidup kekurangan, tapi sejak Rasulullah saw. diasuhnya mereka hidup serba berkecukupan: kambingnya gemuk-gemuk dan menghasilkan susu yang banyak. Air susu Halimah sendiri juga lebih banyak dari sebelumnya.

Suatu ketika pernah Halimah dan suaminya sedang merasakan lapar dan haus, sedangkan susu onta betina mereka tidak ada isinya. Suaminya berusaha bangkit dan mendekati ontanya. Ternyata air susu onta betinanyay penuh. Ia pun memerahnya dan diminum bersama hingga merek kenyang.


Referensi: 
Buku Bilik-Bilik Cinta Muhammad, karya Dr. Nizar Abazhah
Reublika Online

Kisah Nyata: Raja Sriwijaya Ingin Belajar Agama Pada Umar bin Abdul Aziz

Kisah, Kisah nabi adam, kisah malam pertama, kisah 25 nabi dan rasul, kisah nabi yusuf, kisah nabi muhammad
Kisah Nyata. Belum saya temukan apa yang membuat Raja Sriwijaya, Sri Indrawarman, tertarik untuk mempelajari Islam hingga beliau dua kali kirim surat kepada Khalifah Bani Umayyah: kepada Muawiyah I dan kepada Khalifah umar bin Abdul Aziz. Mungkin karena akhlak umat Islam yang berdagang di wilayah kerajaan Sriwijaya, atau beberapa ajaran Islam yang sempat didengar oleh raja. Mungkin sja, wallahu a'lam bish showab. Surat Raja yang kedua didokumentasikan dalam buku Al-Iqdul Farid karya Abd Rabbih.

Pada masa itu memang sudah banyak pedagang dari Arab yang berdagang di wilayah kerajaan Sriwijaya. Tentu saja mereka juga membawa kabar tentang agama Islam. Sekitar tahun 625 M di kerajaan Sriwijaya sudah berdiri perkampungan Arab, tepatnya di pesisir pantai Sumatera. Kabar ini tertulis dalam dokumen kuno asal tiongkok.

Setelah perjanjian hudaibiyah tahun 6 Hijriyah, Rasulullah saw. mengajak raja-raja, penguasa, pemimpin suku, dll. untuk memeluk islam. Dengan cara ini banyak yang berhasil. Mungkin saja (wallahu a'lam bish showab) ada surat yang ditujukan pada Raja Sriwijaya.

Ada satu hadits yang menyebut tentang suatu negeri yang mana diperkirakan ngeri tersebut adalah kerajaan Sriwijaya. Berikut haditsnya:
“…Pada zaman Nabi Muhammad Rasul Allah salla’llahu ‘alaihi wassalama tatkala lagi hajat hadhrat yang maha mulia itu, maka sabda ia pada sahabat baginda di Mekkah, demikian sabda baginda Nabi: “Bahwa sepeninggalku ada sebuah negeri di atas angin samudera namanya. Apabila ada didengar khabar negeri itu maka kami suruh engkau (menyediakan) sebuah kapal membawa perkakas dan kamu bawa orang dalam negeri (itu) masuk Islam serta mengucapkan dua kalimah syahadat. Syahdan, (lagi) akan dijadikan Allah Subhanahu wa ta’ala dalam negeri itu terbanyak daripada segala Wali Allah jadi dalam negeri itu“….
Di Sumatera juga ditemukan makam Syeikh Rukunuddin yang berada di Barus (Fansur). Diperkirakan syeikh tersebut adalah sahabat Rasulullah saw (sumber).

Sang Raja, Sri Indrawarman, tertarik untuk mempelajari agama yang berbeda dengan yang beliau anut tersebut. Mungkin itulah hidayah. Khalifah Umar bin Abdul Aziz pun merespon baik surat dari Raja Sriwijaya dan mengirim utusannya untuk mengajarkan Islam.

Berikut bunyi potongan surat Raja Sriwijaya:
Dari Rajadiraja...; yang adalah keturunan seribu raja ... kepada Raja Arab yang tidak menyekutukan tuhan-tuhan yang lain dengan Tuhan. Saya telah mengirimkan kepada Anda hadiah, yang sebenarnya merupakan hadiah yang tak begitu banyak, tetapi sekadar tanda persahabatan; dan saya ingin Anda mengirimkan kepada saya seseorang yang dapat mengajarkan Islam kepada saya, dan menjelaskan kepada saya hukum-hukumnya.
Raja Sriwijaya, Sri Indrawarman, akhirnya masuk islam pada tahun 720 M. Sejak saat itu kerajaan Sriwijaya dikenal dengan Sribuza Islam. Mungkin inilah awal mula masuknya Islam ke Nusantara hingga menjadi besar seperti sekarang.

Tulisan kisah di atas belum tentu 100% valid. Bagi pembaca yang menemukan banyak cacat pada informasi yang tertulis, dengan senang hati penulis menerima masukannya.

Sumber:
1) wikipedia
2) Kanzunqalam
3) Portal Islam

Kisah Nyata: Menolak Menikah Lagi Walau Istri Memilihkan

Kisah, Kisah nabi adam, kisah malam pertama, kisah 25 nabi dan rasul, kisah nabi yusuf, kisah nabi muhammad

Kisah Nyata. Sepertinya memang naluri lelaki merasa tak cukup dengan satu wanita. Tak jarang lelaki yang memiliki istri lebih dari satu, entah secara terang-terangan atau sembunyi-sembunyi atau tanpa sepengetahuan istri pertamanya. Tak sedikit juga yang terlihat tak ada niat untuk menikah lagi, tapi jika ada keempatan, bisa jadi, apalagi istri pertama yang menawarkan, waaahh...

Berikut ada kisah seorang pemimpin besar yangn terbilang sukses dalam memimpin. Ia pernah jatuh cinta pada seorang gadis namun istrinya tidak pernah mengizinkan beliau untuk menikah lagi. Beliaupun nurut. Luar biasa ya, seorang pemimpin besar yang terhormat nurut pada istri. Biasanya kan diam-diam menikah.

Suatu ketika beliau sakit. Sang istri prihatin melihat kondisi beliau. Tiba-tiba ia teringat seorang wanita yang dulu ingin dinikahi suaminya. Ia pun ingin menghibur suaminya dengan menghadiahkan wanita tersebut untuk menikah dengan suaminya. Harapannya sang suami akan merasa senang dan sembuh dari sakitnya. Tetapi ternyata tidak.

"Tidak! Ini tidak boleh terjadi. Saya benar-benar tidak merubah diri saya kalau saya kembali kepada dunia perasaan semacam itu," kata beliau.

Beliau adalah khalifah termasyhur dalam Bani Umayyah, yakni Umar bin Abdul Aziz dan istrinya Fatimah binti Abdul Malik.

Sebelum wanita itu pergi, ia bertanya, "Umar, dulu kamu pernah mencintaiku. Tapi kemanakah cinta itu sekarang?"

"Cinta itu masih tetap ada, bahkan kini rasanya lebih dalam!"

Beliau lahir pada tahun 63 H/682 Februari 720. Beliau berkuasa selama kurang lebih tiga tahun 717-720. Beliau merupakan khlaifah yang ditunjuk langsung, bukan merupakan keturunan khalifah sebelumnya, tetapi masih sepupu dengan Sulaiman (khalifah sebelumnya). Baru dua tahun kepemimpinannya sudah nampak peningkatan kemakmuran masyarakatnya. Beliau dikenal sangat berhati-hati menggunakan harta negara dan harta pribadi, tidak dicampur-campur. Ketika baru menjabat, beliau menyerahkan seluruh hartanya untuk negara. Sungguh teladan yang luar biasa.

Itulah sekilas kisah tentang lelaki hebat: Umar bin Abdul Aziz.

baca juga: Kisah Sahabat yang Memilih Janda
referensi: wikipedia

Tips Tambah Berat Badan dengan Mie Instan dan Cokelat

Tips Sehat, Tips Diet, kegemukan

Solusi bagi yang memiliki tubuh kerempeng atau terlalu kurus dan sulit untuk gemuk. Ada solusi murah untuk meningkatkan berat badan anda tanpa perlu bersusah-susah mencari cara atau minum obat atau ramuan tambah berat bdan yang harganya tidak murah.

Banyak orang yang memiliki badan kurus dan ingin memiliki berat badan yang ideal dengan mengkonsumsi obat-obatan tertentu. Namun hasilnya tidak memuaskan atau bahkan tidak ada hasil sama sekali. Bahkan ada yang malah berefek terkena datah tinggi. Wah, bukan malah baik.

Jansen Ongko, seorang nutrisionis dari Lagizi menuturkan bahwa kandungan karbohidrat dalam mie instan sangat besar dan sedikit kandungan protein, vitamin dan mineral. Selain itu kandungan kalori mie instan juga cukup besar, yakni 400 kkal (sekitar 20% dari kebutuhan harian). Gemuk itu bisa disebabkan oleh konsumsi kalori yang melebihi jumlah kebutuhan harian. Coklat juga memiliki kandungan kalori yang cukup tinggi. (Detik Health)

Tips Sehat, Tips Diet, kegemukan

Nah, jika dikombinasikan, dimakan bersamaan atau dalam waktu berdekatan, apalagi sering, ini bisa jadi solusi untuk meningkatkan berat badan anda yang terlaluu kurus.

4 Komentar Tulisan Afi Siswi SMA Banyuwangi soal Keberagaman

Tulisan Afi Nihaya Faradisa, Tulisan Siswi SMA Banyuwangi, Tulisan Afi Warisan

Afi Nihaya Faradisa, anak muda yang baru saja lulus SMA kini mendadak terkenal. Pasalnya, tulisannya tentang keberagaman mendapat banyak respon. Dia bukan penulis terkenal, apalagi dikenal penulis hebat. Dia hanya seorang anak muda yang hobi menulis. Mungkin setelah ini ia akan menjadi penulis terkenal.

Beberapa hal yang menjadi perhatian saya tentang "Berita tentang Afi", yakni:
  1. tentang belajar menulis
  2. tentang belajar berpendapat/bersuara
  3. tentang berlatih berani terlibat merespon gejala sosial
  4. tentang berlatih memperbaiki keadaan
Tentu Afi sudah lama belajar menulis dan sudah cukup mahir dan tentunya dia juga sudah belajar berpendapat dan sudah banyak berlatih, mungkin. Mungkin juga dia sudah mahir berpendapat dengan baik lewat tulisan dan sudah biasa menerima konsekwensinya.

HANYA ANAK YANG HOBI MENULIS (bukan penulis)?

Afi memang mengagumkan, karena sebagai seorang anak muda yang hanya hobi menulis mempunyai pemikiran yang luar biasa, kata banyak komentator di sosial media. Kalau boleh saya berpendapat, rupanya Afi sudah mulai belajar merespon gejala sosial. Saya katakan belajar karena dia belum ahli. Dia mulai belajar terlibat hiruk-pikuk kehidupan sosial. Mungkin sudah boleh dikatakan lumayan ahli dalam berkomentar.

Menurut ayahnya, Afi lebih suka berdiam diri di dalam kamar dan membaca banyak buku:
"Saya punya akun Facebook, tapi malah tidak berteman dengan anak saya. Baru berteman seminggu terakhir ini. Malah saya pernah diblokir, katanya biar saya enggak tahu statusnya. Saya kaget dan juga bangga," kata Wahyudi.

Menurut dia, aktivitas anak gadisnya sama dengan kegiatan anak-anak seusianya. Hanya saja, Afi lebih suka berdiam diri di dalam kamar dan membaca banyak buku. (Kompas)
Jika dibanding teman-teman sebayanya, tentunya dia kalah pengetahuan tentang gejala sosial karena lebih banyak di dalam rumah dan lebih akrab dengan buku, tetapi bisa jadi dia lebih mampu memahami gejala sosial dibanding teman-teman sebayanya karena dia banyak membaca dan terlatih berpikir.

Beragam tujuan orang dalam merespon gejala sosial baik melalui akun Facebook, blog, twitter, atau secara langsung dengan lisan: ada yang hanya menyampaikan keluhan, ada yang hanya curhat tentang keadaan sosial, ada yang hanya ingin menunjukkan bahwa dirinya banyak tahu, ada yang hanya ingin terlihat sok pintar, ada yang ingin mengajak orang banyak untuk berpikir, ada yang ingin membuat suatu perubahan yang lebih baik, ada yang ingin mendapatkan untung. Tujuan Afi?
"Tujuan saya menulis bukan untuk disetujui, bukan pula mereguk sanjung puji. Jika itu tujuan saya, kan mudah saja. Tinggal menulis hal yang memuaskan semua orang lalu mengalirlah beragam pujian. Bagaimanapun, saya selalu menulis untuk menyampaikan pemikiran, bukan untuk membuat orang-orang terkesan. Seperti kalimat terakhir di tulisan WARISAN, saya hanya ingin mengajak pembaca untuk berpikir... "

"Jika sekarang saya menjadi sorotan, itu sama sekali bukanlah sebuah kesengajaan. Seperti saya yang tidak menyangka bahwa ada orang yang menelepon dengan nomor pribadi pukul setengah tiga pagi, berkata bahwa ia dan kawan-kawannya tidak hanya bisa menghabisi akun saya, tapi juga bisa menghabisi pemiliknya. Mereka menganggap bahwa saya menjadi penghalang sebuah perjuangan di jalan Tuhan.

Saya heran, sebenarnya bahaya apa yang disebabkan hanya dari ajakan seorang anak untuk berpikir?" (Akun Facebook Afi)
Berdasarkan status Facebook yang ditulis Afi tersebut, tujuan Afi menulis adalah untuk mengajak pembaca (masyarakat) untuk berpikir. Apakah sebelum diajak Afi, masyarakat tidak berpikir? Mungkin Afi ingin mengajak mereka berpikir sebagaimana cara berpikirnya Afi?

Jika membaca tulisan Afi yang berjudul WARISAN, yang membuatnya jadi terkenal, Afi mengajak masyarakat untuk berubah. Artinya, menurut Afi mereka salah dan seperti dirinyalah yang benar. Membaca tulisannya, seakan saya dimarahi ibu saya karena telah bersalah. Hehe... Perasaan saya begitu. berikut saya kutip sedikit:
Salah satu karakteristik umat beragama memang saling mengklaim kebenaran agamanya. Mereka juga tidak butuh pembuktian, namanya saja "iman".

Manusia memang berhak menyampaikan ayat-ayat Tuhan, tapi jangan sesekali coba menjadi Tuhan. Usah melabeli orang masuk surga atau neraka sebab kita pun masih menghamba.
Kata Afi "merasa agamanya benar" itu karakteristik, kata dia juga "Manusia memang berhak menyampaikan ayat-ayat Tuhan". Saya pernah berdiskusi dengan teman online di Sri Lanka tentang agama. Dia heran dengan kondisi Indonesia: banyak agama tapi rukun dan aman. Sebagai non-muslim, kata dia, dia wajib menyebarkan agamanya, dan setahu dia, agama lain juga punya kewajiban menyebarkan ajaran agamanya. Kata dia, jika membenarkan agama lain, berarti tidak beriman.

Mungkin kebenaran yang saya maksud dengan kebenaran yang dia maksud berbeda, pun juga dengan kebenaran yang dimaksud oleh Afi mungkin juga berbeda. "Usah melabeli orang masuk surga atau neraka sebab kita pun masih menghamba," kata Afi. Menurut saya, Afi ingin menyampaikan, "Jangan sampai kedengaran tetangga, cukup yakini (labeli) dalam hati saja." Ya, Afi ingin bilang begitu. Jika dalam hati tidak ada keyakinan akan masuk surga dengan menjalankan ajaran suatu agama, lalu buat apa memilih agama tersebut?
Latar belakang dari semua perselisihan adalah karena masing-masing warisan mengklaim, "Golonganku adalah yang terbaik karena Tuhan sendiri yang mengatakannya".

Lantas, pertanyaan saya adalah kalau bukan Tuhan, siapa lagi yang menciptakan para Muslim, Yahudi, Nasrani, Buddha, Hindu, bahkan ateis dan memelihara mereka semua sampai hari ini?

Tidak ada yang meragukan kekuasaan Tuhan. Jika Dia mau, Dia bisa saja menjadikan kita semua sama. Serupa. Seagama. Sebangsa.
Agak membingungkan juga yang dia tulis, mengingat Afi mengaku sebagai seorang muslim. Para Rasul mengajak umat yang beragama lain untuk memeluk agama yang dibawanya. Umat lain mengajak umat islam untuk ikut ajarannya, umat islam juga mengajak mereka. Mereka melakukan itu karena itu memang perintah Tuhan yang mereka yakini. Mungkin Afi belum sampai ke situ observasinya. Mungkin Afi belum tahu berapa jumlah mantan muslim/ah Indonesia yang sudah berhasil diajak ikut agama lain, pun sebaliknya?
Tidak ada yang meragukan kekuasaan Tuhan. Jika Dia mau, Dia bisa saja menjadikan kita semua sama. Serupa. Seagama. Sebangsa.
Kenapa Tuhan tidak melarang para Rasul menyebarkan ajarannya? Justru sebaliknya, malah diperintah.

Mungkin Afi ingin menyampaikan pada orang banyak di negeri ini, "Amalkan ajaran agama, tapi jangan membuat sakit hati orang lain". Mungkin Afi ingin orang paham ilmu komunikasi, bahwa ada hal-hal yang boleh disampaikan di ruang publik, ada hal-hal yang hanya boleh disampaikan di ruang komunal (komunitas sendiri), misalnya klaim buruk terhadap agama lain seperti sebutan domba tersesat, kafir, dsb.

Saya salut dengan keberanian Afi, cuma memang dalam menulis dan apapaun yang hendak kita lakukan, bukan hanya "KEBERANIAN" yang dijadikan landasan, tapi perlu juga mempertimbangkan manfaat dan mudhoratnya. Semoga tulisan Afi membawa lebih banyak manfaat daripada mudhorat.

Berikut tulisan lengkap Afi


WARISAN

Kebetulan saya lahir di Indonesia dari pasangan muslim, maka saya beragama Islam. Seandainya saja saya lahir di Swedia atau Israel dari keluarga Kristen atau Yahudi, apakah ada jaminan bahwa hari ini saya memeluk Islam sebagai agama saya? Tidak.

Saya tidak bisa memilih dari mana saya akan lahir dan di mana saya akan tinggal setelah dilahirkan.
Kewarganegaraan saya warisan, nama saya warisan, dan agama saya juga warisan.

Untungnya, saya belum pernah bersitegang dengan orang-orang yang memiliki warisan berbeda-beda karena saya tahu bahwa mereka juga tidak bisa memilih apa yang akan mereka terima sebagai warisan dari orangtua dan negara.
.
Setelah beberapa menit kita lahir, lingkungan menentukan agama, ras, suku, dan kebangsaan kita. Setelah itu, kita membela sampai mati segala hal yang bahkan tidak pernah kita putuskan sendiri.
.
Sejak masih bayi saya didoktrin bahwa Islam adalah satu-satunya agama yang benar. Saya mengasihani mereka yang bukan muslim, sebab mereka kafir dan matinya masuk neraka.

Ternyata,

Teman saya yang Kristen juga punya anggapan yang sama terhadap agamanya. Mereka mengasihani orang yang tidak mengimani Yesus sebagai Tuhan, karena orang-orang ini akan masuk neraka, begitulah ajaran agama mereka berkata.

Maka,

Bayangkan jika kita tak henti menarik satu sama lainnya agar berpindah agama, bayangkan jika masing-masing umat agama tak henti saling beradu superioritas seperti itu, padahal tak akan ada titik temu.

Jalaluddin Rumi mengatakan, "Kebenaran adalah selembar cermin di tangan Tuhan; jatuh
dan pecah berkeping-keping. Setiap orang memungut kepingan itu,
memperhatikannya, lalu berpikir telah memiliki kebenaran secara utuh."
.
Salah satu karakteristik umat beragama memang saling mengklaim kebenaran agamanya. Mereka juga tidak butuh pembuktian, namanya saja "iman".

Manusia memang berhak menyampaikan ayat-ayat Tuhan, tapi jangan sesekali coba menjadi Tuhan. Usah melabeli orang masuk surga atau neraka sebab kita pun masih menghamba.
.
Latar belakang dari semua perselisihan adalah karena masing-masing warisan mengklaim, "Golonganku adalah yang terbaik karena Tuhan sendiri yang mengatakannya".

Lantas, pertanyaan saya adalah kalau bukan Tuhan, siapa lagi yang menciptakan para Muslim, Yahudi, Nasrani, Buddha, Hindu, bahkan ateis dan memelihara mereka semua sampai hari ini?
.
Tidak ada yang meragukan kekuasaan Tuhan. Jika Dia mau, Dia bisa saja menjadikan kita semua sama. Serupa. Seagama. Sebangsa.

Tapi tidak, kan?
.
Apakah jika suatu negara dihuni oleh rakyat dengan agama yang sama, hal itu akan menjamin kerukunan? Tidak!

Nyatanya, beberapa negara masih rusuh juga padahal agama rakyatnya sama.

Sebab, jangan heran ketika sentimen mayoritas vs. minoritas masih berkuasa, maka sisi kemanusiaan kita mendadak hilang entah kemana.
.
Bayangkan juga seandainya masing-masing agama menuntut agar kitab sucinya digunakan sebagai dasar negara. Maka, tinggal tunggu saja kehancuran Indonesia kita.
.
Karena itulah yang digunakan negara dalam mengambil kebijakan dalam bidang politik, hukum, atau kemanusiaan bukanlah Alquran, Injil, Tripitaka, Weda, atau kitab suci sebuah agama, melainkan Pancasila, Undang-Undang Dasar '45, dan semboyan Bhinneka Tunggal Ika.

Dalam perspektif Pancasila, setiap pemeluk agama bebas meyakini dan menjalankan ajaran agamanya, tapi mereka tak berhak memaksakan sudut pandang dan ajaran agamanya untuk ditempatkan sebagai tolak ukur penilaian terhadap pemeluk agama lain. Hanya karena merasa paling benar, umat agama A tidak berhak mengintervensi kebijakan suatu negara yang terdiri dari bermacam keyakinan.
.
Suatu hari di masa depan, kita akan menceritakan pada anak cucu kita betapa negara ini nyaris tercerai berai bukan karena bom, senjata, peluru, atau rudal, tapi karena orang-orangnya saling mengunggulkan bahkan meributkan warisan masing-masing di media sosial.

Ketika negara lain sudah pergi ke bulan atau merancang teknologi yang memajukan peradaban, kita masih sibuk meributkan soal warisan.
.
Kita tidak harus berpikiran sama, tapi marilah kita sama-sama berpikir.
© Afi Nihaya Faradisa

Terus Semangat Buat Pak Ahok

Ahok dipenjara, karangan bunga untuk Ahok, Ahoker,

Semangatmu, ketegasanmu akan terus dikenang.

Bagi orang baik seperti Pak Ahok, penjara bukanlah maut. Percayalah itu hanya ujian. Banyak yang menjadi saksi semangat Pak Ahok melayani masyarakat, membasmi koruptor. Anda banyak jasa. Orang tulus seperti Pak Ahok tentu dan pasti tidak akan berhenti berbuat baik dan memberi manfaat untuk orang banyak.

Orang baik tak harus menjadi gubernur atau presiden untuk berbuat. Dimanapun dia berada pasti akan memberi manfaat bagi orang-orang di sekitarnya.

Keberadaan Pak Ahok di penjara tentu tak akan membuat surut untuk berbuat baik. Banyak orang-orang yang butuh teladan di dalam penjara. Mereka perlu contoh bagaimana menjadi orang baik. Pak Ahok tentu akan menularkan kebaikan-kebaikan itu kepada mereka.

Di penjara juga banyak mantan koruptor. Semoga dengan adanya Pak Ahok di sana, mereka bisa memperbaiki hidupnya.

Semua akan berlalu. Tentu Pak Ahok tak akan membiarkan waktu berlalu tanpa berbuat baik untuk orang banyak.

Terus Semangat, Pak Ahok.

Masalah User ID Terblokir Internet Banking BRI

bank bri, user id terblokir, bri internet banking
Masalah seperti ini bikin tidak nyaman. Sudah agak lama saya hentikan menggunakan internet banking BRI. Dulu pernah datang ke CS, tapi CS bilang tidak bisa bantu. Dia nyarankan agar menelpon Call Center BRI di 14017, 62-21-500017 atau 62-21-57987400. Tentu saja tidak gratis.

Sebenarnya, itu hak pihak Bank BRI sih mau pake cara kayak gini. Dan biaya telpon yang terpotong juga tidak akan bikin saya jadi melarat. Tetapi, kecewa saja karena masalah User ID Terblokir terbilang sering terjadi, menurut saya.

Masak setiap kali ada masalah harus nelpon buang pulsa? Padahal, dibanding bank besar lainnya, kantor Bank BRI yang sampek ke daerah pelosok. Tetapi, aneh juga jika masalah seperti ini harus lewat telepon. Apa tidak bisa CS yang neleponkan?

Cerpen: Alandu'en Abahas Ahok: Politik Maloloh

cerpen, cerpen persahabatan, cerpen lucu, cerpen bahasa inggris, cerpen dewasa, cerpen anak
Cerpen. "Ambu rah, jek abenta politik maloloh. Tak mun degeng jemuh, olle pesse."
"Tak rapah, Din, le tak muguk," nyaut Asmat.
"Iyeh, be'en nyaman. Se ngidingagi possa' kopeng."
Dulases seatabunan ambu. Landu'en esabe' etabun. Pas tojuk ajurukkong ngabes ka Jumadin. Tanangah esabe' e to'otah. Sambi mukka' songko'en nguca', "Kabennya'en oreng sateyah reyah, mun ta' abenta politik, bal-ebbalan."
"Mun enga' be'-abe'en, masak abenta'a C I N T A, Ses...?! Engak se asakola."
"Tak rapah kyah. Tis-romantisen."
"Keng pajet lakar ta' taoh nemunin oreng tanih seabahas cinta sambi alandu'en," ca'en Dulla.
"Se ta'-cinta'an reyah kan oreng se genteng," ca'en Jumadin.
"Engko' kan genteng, Din."
"Seees ses...!!! Muah beng-gurbeng engak saka'an jieh ngucak genteng."
"Senga' mi' olle artis ngko' yeh..."
"Taroan lorong."
"Eee, abes, e saka'nah Jih Hamid," ca'en Asmat. Kabbi ambu alandu' pas ngabes ka saka'nah Jih Hamid. "Maseh tak onga' sakaleh yeh...!!"
"Onga' rah, ma' eyorak bi' Jih Hamid."
"Ahok..."
"Huh, anuwan jieh gi' bi' Ahok," Ca'en Dulases. "Ngko' taoh alakoh e dissa'. Larang mun bejernah..."
"Keng arapah, Ses...?"
"Tager bilu' tengnga."
"Jeregenah be'-abe'en reyah se nyaman," ca'en Dulla. "Santayan."
"Ngko' sabben taoh tangiddeh..."
"Teros...? Egigirin...?"
"Enje', ta' ejegein. Tager jegeh dibi' ngko'. Je' pera' sem-misem reyah Pak Jih Latep."
"Mun Pak Jih Latep kan derih nol," ca'en Jumadin. "Taoh ka rassanah deddih enga' be'-abe'en. Akoli kiyah lambe'. Mun Jih Hamid, mella' langsung nemmuh tera'. Tak taoh ka rowattah lakoh."
"Santet mareh ye."
"Ahok rowah mun esantetah."
"Siyah, ngakan bebih. Ta' meddes."
"Onggunah Ahok reyah tegas ka bawahan. Ngko' taoh ningguh videonah e hapenah Audi. Polanah minta pesse ka oreng sengurusen apah de' iyeh. Huh, pas esrangap neng e yade'en oreng. Eding-duding sambih la'-mancella'. Can ngko' bagus mun de' yeh."
"Berita sateyah, ta' ning kabbi eparcajeh. Mun seekenning gusur peggel ka Ahok. Ben pole, oreng Islam ta' olle mile pemimpin se ta' Islam."
"Tapeh ma' bedeh kyaeh se adukung Ahok yeh."
"Je' repot mun amuso kyaeh, akomen sala, ta' akomen ye de' remmah..."
"Akher jeman."
"Bininah raddin."
"Bininah sapah?"
"Ahok."
"Kabinih be'en, Ses."
"Duh, enje' rah. Deggi' epakanih bebih tang anak. Tangu' abiniyah padeh reng taninah. Kenning belenjeih tello ebuh."
"Mun bennya' pessenah, ta' usa belenjeih, Ses."
"Siyah, can sapah. Paggun wejib. Etapok deggi' bi' malaekat mun ta' ebelenjeih."
"Keng mun ebending bininah Kyaeh Badrih se sateyah, jeu," ca'en Jumadin.
"Sih, abinih pole?!"
"Beh, tak taoh be'en?"
"Beri' ngko' tatemmu neng Indomaret. Buh...!! Langsung elang ingatan ngko'. Enga' bidedderih."
"Siyah, bileh ra setaoh ka bidedderih ben?!"
"Enje', ce' raddinah. Nyaman deddih kyaeh ye."
"Atarakat."
"Mun andi' binih enga' rowah, pas pesse bennya', tedung beih lah, ta' usa ge-jegeh."
"Ta' pera' pekkernah be'en. Je' andi'eh onggu, ta' mana."
"Bininah Ahok neng kadibi' sateyah ye?" ca'en Dulla.
"Kabinih be'en, La. Le ta' keseppiyan."
"Duwein. Becaen semar mesem."
"Tambeih ajian jala sutra."
"Ta' bisa mun ngakan bebih."
"Beh, bedeh kyah se bisa...!! Ben taoh ka Tur, arowah bininah oreng cenah. Maso' islam sateyah."
"Iyeh, nuro' ngare'. Ko' taoh tatemmuh se ngare' padinah Jih Pausi."
"Mintah ben duwenah Ka Tur, entar pas ka Jakarta."
"Duh, la je'ih rah. Kenning cokocoh re-karenah Ahok."
"Beh, mun pas maso' Islam karanah be'en, genjeren rajeh. Mumpong Ahok bedeh e penjara."
"Keng mun bininah kyaeh Badrih se anyar, tekka' randeh, gellem ko'. Ta' rapah tekka' randeh."
"Lambe' bedeh kyaeh la seppo. Bininah ngudeh. Tenga malem awasiat ka bininah, 'Mun engko' mateh, pas bedeh oreng lake' alamar be'en nganggui kalambih mira, taremah ye,' debunah kyeh. Ma' pas kateppa'an bedeh maleng ngidingagih. Ma' nyainah raddin... Pas sedeh onggu kyaeh. Iye, kasempatan."
"Pas elamar onggu."
"Iyeh, akalambih mira."
"Langsong deddih kyaeh ye, malengah."
"Pojur nasebeh."
"Mun be'en abinih bininah Ahok, Ses, mi' pola deddih pejabat kyah."
"Pejabat apah, Pak RT..?"
"HahahHahahahah... Ma' ce' saranah. Ma' ta' ta-kantah deddih Kampong kanah."
"Padeh beih. Bejeren tade', lakoh atompo'an."
Powered by Blogger.

Blog Archive

 Mari Berdoa Agar Tambah Sukses

اللهم اكفني بحلالك عن حرامك وأغنني بفضلك عمن سواك

(Allahummak fini bihalalika ‘an haramika, waghnini bifadhlika ‘amman siwaka).

Artinya, “Ya Allah, berilah aku kecukupan dengan rezeki yang halal, sehingga aku tidak memerlukan yang haram, dan berilah aku kekayaan dengan karuniamu, sehingga aku tidak memerlukan bantuan orang lain, selain diri-Mu.”

HOT