Home » , , , » Budaya Belajar dan Bertanya

Budaya Belajar dan Bertanya


______________________________________________________________
Belajar bukan sekedar kewajiban, tapi keharusan. kita makan nasi, karena tahu nasi mengenyangkan. Kita datang ke restoran, karena tahu di sana banyak makanan enak. Artinya pengetahuan itu penting. Pepatah mengatakan, "Malu bertanya sesat di jalan, banyak bertanya berarti tidak belajar". Pengetahuan ibarat penerang jalan kehidupan.

Namun, pada kata pepatah di atas, pada kalimat kedua "...banyak bertanya berarti tidak belajar." Di negeri yang terkenal dengan budaya lisannya ini mungkin masih wajar bertanya banyak pada seseorang yang dianggap lebih tahu. Namun, di beberapa negara maju, kalimat tersebut sangat benar.

Pernahkah anda bertanya pada seseorang, kemudian dia menjawab dengan muka masam dan menakutkan? Intonasi bicaranya naik. Apakah dia pelit? Atau anda yang terlalu banyak bicara? Pelajar di negeri yang kaya ini sudah biasa datang ke sekolah dengan hampa (Tidak semua). Ya, pokoknya datang. Kemudian mendengarkan penjelasan guru, ada yang melamun. Di negara-negara maju, biasanya siswa datang ke kelas dengan membawa sedikit ilmu yang akan didiskusikan di kelas. Sehingga kelasnya asyik sekali karena ilmu datang dari banyak sumber.

Di beberapa group di facebook, budaya belajar mandiri sudah mulai membudaya. Ketika seseorang bertanya hal yang sangat mendasar, bukannya dijawab, kebanyakan teman-teman menjawab begini, "Cari di google, belajar dan pahami sendiri. Kalau ada kesulitan, ke sini lagi." Luar biasa. Memang begitu seharusnya.

Perpustakaan sudah banyak, google tidak pernah libur. Sudah begitu mudahnya belajar di jaman sekarang. Kalaupun ingin bertanya, tanyalah begini "Apa saja yang perlu saya pelajari?" Nanti akan ditunjukkan bab-bab nya. Lalau cari sendiri di google atau buku. Setelah itu, baru sharing.

Masak, bilangnya ingin menjadi dosen di fakultas hukum, terus tanyanya "Definisi hukum itu apa ya?". Definisinya saja belum tahu, bilangnya mau jadi dosen. Terus tanyanyta di forum. Kan unik.

Biasakan/budayakan research.



______________________________________________________________

0 comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.
 Mari Berdoa Agar Tambah Sukses

اللهم اكفني بحلالك عن حرامك وأغنني بفضلك عمن سواك

(Allahummak fini bihalalika ‘an haramika, waghnini bifadhlika ‘amman siwaka).

Artinya, “Ya Allah, berilah aku kecukupan dengan rezeki yang halal, sehingga aku tidak memerlukan yang haram, dan berilah aku kekayaan dengan karuniamu, sehingga aku tidak memerlukan bantuan orang lain, selain diri-Mu.”

HOT