Home » , , , , , , » Pakan Sapi yang Tahan Disimpan Setahun

Pakan Sapi yang Tahan Disimpan Setahun


______________________________________________________________
Baca judul di atas, ini solusi beternak agar lebih hemat waktu, bisa usaha lainnya juga.

Kekurangan hijauan sering jadi masalah di musim kemarau. Kalau ternak sapi 1, 2 ekor mungkin tidak terlalu masalah, tapi kalau sudah 20 ekor? atau lebih? Wah, gawat?

Bagaimana kalau pas musim hujan ngarit sebanyak-banyaknya, lalu disimpan, pas musim kemarau dikasikkan sapinya. Paling sapinya ngelirik sambil mbatin, "Lho ni belum tahu gua ya...!" hehehee...

Kasihan dikasih daunan kering, gisinya hampir tidak ada, sulit dicerna juga.

Lalu?

Tahu tape kan? Kotaku dikenal dengan kota tape. Makanan yang dibuat dengan proses fermentasi. Lebih awet memang.


Nah, proses ini menjadi solusi buat peternak. Bukan hanya menjadikan awet, tapi juga meningkatkan kualitas gisi. Bahan yang difermentasi adalah jerami. Ya, jerami yang biasanya dibakar di sawah-sawah.

Denan tekhnologi sederhana, jerami bisa dibuat menjadi Tape jerami. Bahan-bahan yang dibutuhkan pun tidakk terlalu mahal, yakni 1 botol bioactivator "Ragi Tape Jerami", 1 kg molasse/tetes tebu untuk 1 ton jerami.

Jerami padi yang diolah menjadi Tape Jerami meningkat kandungan proteinnya menjadi sekitar 7 - 9%, serta lebih mudah dicerna. Aromanya harum karamel dan lebih higienis.

Sebelum difermentasi jerami padi bergizi rendah (hanya mengandung protein 2-3% saja) serta sedikit vitamin dan mineral. Selain itu, jerami padi juga sulit dicerna karena kandungan serat kasarnya yang sangat tinggi.

Bagus kan?

Ayo, peternak sapi, jangan takut kekurangan rumput/hijauan lagi. Mumpung banyak jerami, kumpulkan sebanyak-banyaknya. Tape jerami tahan disimpan selama setahun.

Baca Langkah-langkah pengolahannya

Jual Ragi Tape Jerami

______________________________________________________________

0 comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.
 Mari Berdoa Agar Tambah Sukses

اللهم اكفني بحلالك عن حرامك وأغنني بفضلك عمن سواك

(Allahummak fini bihalalika ‘an haramika, waghnini bifadhlika ‘amman siwaka).

Artinya, “Ya Allah, berilah aku kecukupan dengan rezeki yang halal, sehingga aku tidak memerlukan yang haram, dan berilah aku kekayaan dengan karuniamu, sehingga aku tidak memerlukan bantuan orang lain, selain diri-Mu.”

HOT